Dunia Sepakat, Covid-19 Bisa Terselesaikan dengan Vaksin Nusantara

- 18 Juli 2021, 21:34 WIB
Ilustrasi vaksin Nusantara.
Ilustrasi vaksin Nusantara. /Pixabay / alirazagurmani9272

GALAMEDIA - Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, dr Terawan Agus Putranto merasa bangga karena dunia sekarang mulai membahas Vaksin Nusantara.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara webinar internasional bertajuk Perang Biologis Pandemi Covid-19: Lessons Learned and Efforts to Reinforce Health Security to Accelerate Covid-19 yang disiarkan di kanal Youtube RSPAD Gatot Soebroto dikutip GALAMEDIA, Minggu, 18 Juli 2021.

Ia mengungkapkan, sejumlah jurnal di luar negeri yang membenarkan, dendritic cell vaccine immunotherapy atau vaksin Nusantara berpeluang besar menjadi ‘senjata utama’ untuk memerangi penyebaran virus di dunia.

Baca Juga: Sekjen PAN Sumbangkan Seluruh Gajinya sebagai Anggota DPR untuk Rakyat Terdampak Covid-19

Menurutnya, dunia mulai mengakui kesaktian vaksin Nusantara. Bahkan, menurutnya, sejumlah ahli sepakat, vaksin tersebut yang nantinya akan menyudahi pandemi di muka bumi. Wow, kok bisa?

"Sekarang di seluruh dunia sedang membicarakannya, termasuk terakhir dari New York dan sebagainya, karena sudah terbit jurnal PubMed. Itu isinya adalah dendritic cell vaccine immunotherapy atau vaksin Nusantara, the begining of the end cancer and Covid-19," kata Terawan, dikutip dari Channel Youtube RSPAD Gatot Soebroto, Minggu, 18 Juli 2021.

Terawan lantas menyitir sebuah jurnal berjudul "Dendritic Cell Vaccine Immunotherapy: the beginning of the end of cancer and COVID-19, A hypothesis".

"Artinya apa? Dunia sepakat punya hipotesis bahwa yang menyelesaikan hal ini termasuk Covid-19 adalah dendritic cell vaccine immunotherapy atau vaksin Nusantara," lanjutnya.

Karya ilmiah tersebut dibuat sejumlah peneliti, salah satunya Amal Kamal Abdel-Aziz dari Department of Experimental Oncology, European Institute of IRCCS, Milan, Italia.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x