Tak Hanya Oposisi, Partai Koalisi Jokowi Kritik Habis-habisan TKA China Masuk RI Saat PPKM

- 9 Agustus 2021, 17:55 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. //ANTARA/HO./


GALAMEDIA - Kabar masuknya TKA China ke Indonesia kembali menjadi sorotan publik. Pasalnya, kabar datangnya 34 TKA China ke RI justru kembali terjadi di masa PPKM seperti sekarang ini.

Tak hanya dilontarkan kelompok oposisi, kritik atas masuknya 34 TKA China pun turut dilontarkan kelompok partai koalisi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terbaru, kritik terhadap kedatangan 34 TKA China datang dari politikus Partai NasDem, Ahmad Sahroni. Berkaitan itu, Sahroni meminta agar Menkumham Yasonna Laoly menjelaskan.

Sebab sebelumnya Menkumham telah mengeluarkan aturan ihwal larangan masuknya TKA selama pemberlakuan PPKM.

"Saya benar-benar tidak terima dan kecewa melihat peristiwa ini dan saya minta agar Pak Menteri maupun pihak imigrasi agar menjelaskan sejelas-jelasnya alasan di balik penerimaan para WNA ini," ungkap Sahroni kepada wartawan Senin, 9 Agustus 2021.

Baca Juga: Soal Kemungkinan Perpanjangan PPKM Level 4, Ridwan Kamil: Banyak Daerah Turun ke Level 3

Sahroni juga mempertanyakan komitmen Yasonna yang sebelumnya mengeluarkan aturan tegas soal larangan masuk TKA. Bahkan, ia menilai bahwa masuknya 34 TKA China ini sangat janggal.

"Kan Pak Menteri sendiri yang bilang selama PPKM tidak boleh ada TKA masuk. Tapi ini justru diterima. Terus juga saya dengar katanya mereka pegang Kitas, tapi masa sekaligus masuk 34 orang. Ini sangat janggal." ucapnya.

Tidak hanya NasDem, kritik senada juga sebelumnya dilontarkan politikus Gerindra, Habiburokhman. Ia menilai bahwa masuknya TKA China dapat merusak kepercayaan publik.

"Benar-benar menjadi beban pemerintah karena merusak kepercayaan publik," kata Habiburokhman Senin, 9 Agustus 2021.

Baca Juga: Bak Sediakan 'Karpet Merah' untuk 34 TKA Masuk RI, Pengamat: Semoga Adik-adiknya 'TK B-Playgroup' Gak Ikutan

Sebelumnya, Dirjen Imigrasi Kemenkumham membenarkan kedatangan 34 TKA asal China di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Sabtu, 7 Agustus 2021.

Sebanyak 34 TKA asal China itu disebut telah mengantongi ITAS dan lolos pemeriksaan tes kesehatan yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"Mereka telah lolos pemeriksaan kesehatan oleh KKP Soetta, lalu diberi rekomendasi untuk diizinkan masuk Indonesia," kata Angga dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 8 Agustus 2021 kemarin.***

 

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x