Soal Kemungkinan Perpanjangan PPKM Level 4, Ridwan Kamil: Banyak Daerah Turun ke Level 3

- 9 Agustus 2021, 17:46 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. /Jurnal Soreang /Pikiran Rakyat

 


GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku masih menunggu soal kelanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 dari pemerintah pusat.

“Nanti sore, malam, Pak Presiden akan mengumumkan kelanjutan perpanjangan, tapi kurang lebih jumlah daerah yang turun ke PPKM 3 sangat banyak, hampir dua per tiganya, Alhamdulillah. Sehingga akan ada penyesuaian-penyesuaian kegiatan ekonomi. Ini yang diharapkan, terutama dari perdagangan, mal, dan lain-lain,” kata Ridwan Kamil, Senin, 9 Agustus 2021.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, daerah yang turun menjadi Level 3 di Jawa Barat juga bertambah. Mengenai kelanjutan PPKM masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

Emil menyatakan, PPKM berhasil menurunkan tren kasus harian Covid-19.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja: 35 Persen Peserta Pengangguran Kini Miliki Tempat Usaha

“PPKM di Jawa Barat secara umum berhasil menurunkan, kasus harian juga turun, kemudian keterisian rumah sakit sudah mendekati sangat rendah, hanya 42 persen dari puncaknya 91 persen,” katanya.

Meski begitu, lanjut dia, Jawa Barat juga terus menaikkan kemampuan tracing dan testing.

“Selama ini tracing Jawa Barat juga dibantu dimaksimalkan TNI-Polri. Per hari ini rasio testing kita 1:6, 1 tracer untuk 6 kontak erat itu masuk,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut dia, Jabar pun bakal menggenjot vaksinasi. Jawa Barat misalnya meminta pemerintah pusat agar mengirim vaksin proporsional dengan jumlah penduduk di masing-masing daerah.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x