Wabup Sahrul Gunawan: Sudah Vaksin Bukan Berarti Tidak Mempan Covid

- 10 Agustus 2021, 10:15 WIB
Wabup Bandung Sahrul Gunawan sebut divaksin bukan berarti kebal covid./Humas Pemkab Bandung
Wabup Bandung Sahrul Gunawan sebut divaksin bukan berarti kebal covid./Humas Pemkab Bandung /

GALAMEDIA - Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan meminta, walaupun masyarakat telah mendapatkan vaksin, kedisiplinan dalam menjaga dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) tetap harus dipertahankan.

Sebab, meski sudah mendapat vaksin, bukan berarti masyarakat tidak mempan terhadap Covid-19.

"Sudah divaksin bukan berarti tidak mempan terhadap covid, melainkan mempercepat penyembuhan saat kita terpapar. Jadi tetaplah disiplin jalankan prokes," ajak Sahrul Gunawan.

Dijelaskannya, vaksin bukanlah obat untuk menyembuhkan covid-19. Melainkan tindakan untuk mencegah agar tidak mengalami gejala covid berat, dan menurunkan angka kematian yang diakibatkannya.

Baca Juga: Tak Setuju Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Administrasi, dr Tirta: Yang Belum Divaksin Harus Dipikirkan Nasibnya

"Yang lebih penting lagi, yaitu membentuk kekebalan kelompok atau 'herd immunity' serta meminimalisir dampak ekonomi dan sosial akibat penyebaran covid-19," tuturnya.

Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik terhadap covid-19, kata Sahrul Gunawan, maka aktivitas masyarakat bisa berjalan seperti sediakala.

lebih lanjut Sahrul Gunawan menuturkan, terkait ketercapaian 80% vaksinasi bagi warga Kabupaten Bandung, bergantung pada tiga komponen, yaitu vaksinator atau tenaga kesehatan (nakes), sasaran vaksinasi dan ketersediaan vaksin itu sendiri.

Untuk penyediaan vaksinator, Pemkab Bandung telah membuka perekrutan Relawan Bedas (Bekerja Dengan Ikhlas). Masyarakat umum sebagai sasaran vaksinasi, juga menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mendapatkan vaksin.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x