Segera Bebas dari Pandemi dengan Vaksinasi dan Prokes 5M

- 10 Agustus 2021, 19:25 WIB
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani /Humas Setda Kota Bandung/

GALAMEDIA - Kasus Covid-19 di Kota Bandung sudah menurun dibandingkan pekan-pekan sebelumnya. Pada Juni-Juli lalu terjadi penambahan cukup signifikan. Per pekan mencapai di angka 2-3 ribu kasus. Sedangkan saat ini, bahkan untuk pertama kalinya terjadi penambahan kasus harian di bawah angka 100 kasus.

"Alhamdulilah sampai akhirnya di minggu ke-31 atau minggu kemarin kita mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dalam satu minggu 1.474 kasus itu jauh turun dibanding minggu-minggu sebelumnya," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani dalam Bandung Menjawab yang diselenggarakan secara virtual, Selasa, 10 Agustus 2021.

Kondisi tersebut berdampak pada tingkat kesembuhan yang kian hari terus meningkat. Angka kematian pun cenderung semakin menurun. Tingkat kesembuhan dalam satu minggu mencapai 4.118 orang. Angka kematian yang pernah mencapai 200 kematian dalam sepekan, kini mulai turun.

Baca Juga: 34 TKA China Masuk Indonesia dengan Alasan ITAS, Politisi PKS: WNI Punya KTP Tapi Tetap Diminta Stay At Home!

Meskipun demikian, Rosye meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama tetap patuh protokol kesehatan (prokes) 5M termasuk ikut program pemerintah yakni vaksinasi. Dikatakannya, prokes dan vaksinasi merupakan bagian dari upaya agar Indonesia segera bebas dari pandemi Covid-19.

Rosye mengajak, dalam setiap aktivitas yang dilakukannya, masyarakat tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas kecuali untuk keperluan sangat mendesak.

"Untuk 5M tentunya tidak henti-hentinya kami dan temen-temen kewilayahan terus menyosialisasikannya. Karena itu adalah kunci kita keluar dari pandemi dan itu harus dilaksanakan dan di jaga bersama," imbuhnya.

Baca Juga: Lantik 26 Perwira Tinggi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo: Saat Ini Kita Sedang Menghadapi Situasi Sulit

Dalam program vaksinasi, Pemerintah Kota Bandung bersama jajaran TNI-Polri dan seluruh pihak terkait telah memvaksin Covid-19 dosis pertama terhadap 952.478 warga Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x