Tingkatkan Pelayanan dan Keamanan, Angkasa Pura II Terapkan Transformasi Digital NEXT Airport 4.0

- 29 Agustus 2021, 17:38 WIB
PT Angkasa Pura II berupaya menerapkan teknologi transformasi digital dengan konsep New Experience through (X) Technology Airport 4.0 atau disebut dengan NEXT Airport 4.0./Rio Ryzki Batee/Galamedia
PT Angkasa Pura II berupaya menerapkan teknologi transformasi digital dengan konsep New Experience through (X) Technology Airport 4.0 atau disebut dengan NEXT Airport 4.0./Rio Ryzki Batee/Galamedia /

GALAMEDIA - Meningkatkan pelayanan, keamanan dan kesalamatan di bandara, PT Angkasa Pura II berupaya menerapkan teknologi transformasi digital dengan konsep New Experience through (X) Technology Airport 4.0 atau disebut dengan NEXT Airport 4.0.

President Director of AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, bandara berkonsep NEXT Airport 4.0 adalah bandara masa depan yang selalu mengikuti perkembangan dan mengadopsi teknologi terkini (advance technology).

"Implementasi digitalisasi di bandara-bandara AP II saat ini sudah sekitar 50-60% untuk aspek pelayanan dan operasional. Prosentase ini akan semakin meningkat cepat karena kini AP II telah memiliki sumber daya dan infrastruktur digital yang mendukung," ungkapnya di Kota Bandung, Minggu, 29 Agustus 2021.

Baca Juga: Grand Final MasterChef Indonesia, Jesselyn Juara Usai 'Membalaskan Dendam' Lord Adi ke Nadya?

Baca Juga: Singgung Kudeta Militer Thailand dan Myanmar, Fadli Zon: Kok Takut Taliban?

Menurutnya sejalan dengan tranformasi digital, AP II mengembangkan satu model yakni Digitally Ready for Operational and Infostructure Development (DROID) Model sebagai tulang punggung penerapan NEXT Airport 4.0.

Melalui DROID Model, pihaknya memperkenalkan tiga platform mobile, yaitu aplikasi travelin untuk layanan kepada penumpang (customer experience/CX), lalu aplikasi iPerform untuk operasional (operational excellent/OX), dan Pocket Airport Collaborative Decision Making (ACDM) sebagai aplikasi untuk kolaborasi antar stakeholder bandara (ecosystem exploration/EX).

"Aplikasi travelin berkontribusi dalam naiknya kepuasan pelanggan/traveler berdasarkan Airport Service Quality Survey (ASQ Survey) yang digelar Airport Council International (ACI)," ujarnya.

Dikatakannya, rata-rata Nilai ASQ Survey di bandara AP II pada 2016 tercatat 4.00 dari skala 5, kemudian 2017 naik ke 4.68, lalu 2018 ke 4.76, kembali naik pada 2019 ke 4.87, dan tertinggi pada 2020 yakni 4.90.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x