Serapan Anggaran Penanggulangan Covid-19 Jabar Rendah, Unpad Berikan Rekomendasi, Ridwan Kamil: Terima Kasih!

- 6 September 2021, 08:44 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil/(Foto: Pipin/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil/(Foto: Pipin/Biro Adpim Jabar) /

 

GALAMEDIA - Akademisi Universitas Padjadjaran melakukan kajian singkat mengenai rekomendasi percepatan penyerapan anggaran untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat.

Hasil kajian tersebut disampaikan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti di hadapan Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil dalam dialog yang digelar secara virtual, Sabtu 4 September 2021.

Rina menjelaskan, isu ini dilaterbelakangi oleh data statistik Covid-19 yang mulai menurun angkanya. Meski demikian, Unpad memandang bahwa masyarakat tetap harus waspada. Covid-19 diiyakini belum sepenuhnya hilang.

Baca Juga: No Time to Die Premier 28 September, Misi Rp 52 Triliun Daniel Craig demi Kudeta Sean Connery

Karena itu, anggaran menjadi instrumen penting untuk menstimulus, menjaga, hingga menjamin masyarakat bisa melanjutkan hidup dengan aman dan dapat berdampingan dengan Covid-19.

Di sisi lain, Pemprov Jabar sendiri telah lakukan berbagai kebijakan berupa refokusing hingga pergeseran anggaran agar APBD mampu mencukupi dalam upaya penanganan Covid-19. Meski demikian, melihat data yang ada, per Juli 2021, serapan anggaran Jabar baru terserap 17,6 persen.

“Kami memandang bahwa percepatan realisasi anggaran itu penting dan jadi salah satu instrumen untuk menjamin masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19,” kata Rina dalam keterangan persnya, Senin, 6 September 2021.

Lebih lanjut Rina mengatakan, penanganan Covid-19 merupakan masalah kompleks. Penanganan tidak hanya di sektor kesehatan saja, tetapi di aspek lainnya, salah satunya di aspek yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca Juga: Mr. And Mrs. Smith di Bioskop Trans TV Malam Ini, Serunya Aksi Agen Rahasia yang Harus Saling Bunuh

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x