2 Negara Tetangga Puja Puji Kinerja Jokowi, Eks Jubir PSI Malah Respons Begini

- 7 September 2021, 18:21 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)./Sekretariat Presiden/
Presiden Joko Widodo (Jokowi)./Sekretariat Presiden/ /



GALAMEDIA – 
 Eks Juru Bicara (Jubir) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedek Prayudi mengaku tidak heran dengan adanya pujian dari sejumlah negara tetangga khususnya Filipina yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dedek Prayudi menyebut, Filipina dan Indonesia merupakan dua negara yang memiliki banyak kesamaan.

“Oh dear, the term ‘policy environment’ is the key. Indonesia and the Phillipine have a lot in common (Ya ampun, kebijakan lingkungan adalah kunci. Indonesia dan Filipina memiliki banyak kesamaan),” ujar Dedek Prayudi seperti dikutip Galamedia dari akun Twitternya, Selasa, 7 September 2021.

Mahasiswa Doktoral Universitas Indonesia (UI) ini menilai Filipina dan Indonesia sama-sama tidak dapat menerapkan kebijakan lockdown dengan efektif.

Baca Juga: Mantan Ketum Muhammadiyah: Pemimpin yang Baik Adalah yang Menyatu Antara Ucapan dan Laku 

“We don’t have what it takes to well implement lockdown (Kita tidak memiliki apa yang diperlukan untuk menerapkan kebijakan lockdown dengan baik,” terangnya.

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Presiden Filipina, Harry Roque menilai kebijakan lockdown tidak efektif untuk negaranya.

Maka dari itu, pemerintah Filipina berniat untuk mencabut kebijakan lockdown mulai esok hari pada 8 September 2021 dan mengantinya dengan kebijakan yang serupa dengan PPKM.

Kebijakan PPKM sendiri kini tengah diterapkan Presiden Jokowi guna mengakhiri wabah Covid-19 di Indonesia.

“Kebijakan ini akan diujicobakan dulu di Manila,” ujar Harry Roque, Minggu, 5 September 2021.

Bahkan, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pernah mengungkapkan, kebijakan lockdown telah melumpuhkan perekonomian negaranya di tengah lonjakan kasus positif Covid-19.

Selain dari Jubir Presiden Filipina, pujian terhadap kinerja Presiden Jokowi juga datang dari Anggota Parlemen Malaysia, Lim Kit Siang.

Baca Juga: Ini Gaya dan Harga Fesyen Item Dinda Hauw dan Rey Mbayang, Harganya Bikin Syok!

Lim Kit Siang menilai penurunan kasus positif Covid-19 di Indonesia jauh lebih cepat ketimbang Malaysia.

“Padahal, Indonesia itu lebih besar dari Malaysia,” ujar Lim Kit Siang, Minggu, 5 September 2021.

Lantas, ia pun meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Malaysia, Khairy Jamaluddin untuk meniru salah satu kebijakan yang kini sedang dijalankan Presiden Jokowi, yakni kebijakan PPKM. ***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x