Beberapa Politisi Mulai Rajin Bikin Konten YouTube, Pengamat Politik: YouTube Lebih Dari Baliho

- 21 September 2021, 11:09 WIB
Soroti Keaktifan Ganjar Pranowo di Media Sosial, Ini Analisis Ujang Komarudin
Soroti Keaktifan Ganjar Pranowo di Media Sosial, Ini Analisis Ujang Komarudin /@ganjar_pranowo
 
GALAMEDIA - Media sosial kini menjadi hal penting bagi publik maupun para elit politisi yang kian hari sering bikin konten dan vlogging di YouTube-nya.
 
Saat ini, YouTube menjadi salah satu platform media sosial yang jadi ladang penghasilan dan pekerjaan baru, namun bukan hanya bagi selebriti yang namanya sudah tenar, tapi juga beberapa politisi, mereka juga rajin mengunggah video dan melakukan kolaborasi dengan Youtuber lain.
 
Alih-alih hanya konten biasa, namun pengamat politik penyimpulkan bahwa YouTube bisa dimanfaatkan sebagai baliho untuk menarik suara kampanyenya pada pemilihan maupun untuk dorongan keterlibatan publik sehingga namanya kian terkenal dan tidak asing lagi.
 
 
"Internet kini jadi hal penting, aktor-aktor politik dapat gunakan media sosial sebagai baliho, baik kampanyenya maupun untuk dorongan keterlibatan publik" ujar Ujang Komarudin Pengamat Politik dilansir Galamedia dari instagram pinterpolitik Selasa 21 September 2021.
 
Hal ini bisa kita lihat dari jumlah Subscriber YouTube para elit politisi yang kini merambah ke dunia YouTube, siapa aja sih para politisi yang kian hari kian gencar bikin konten? Yu simak nama-namanya dan jumlah Subscriber YouTube-nya.
 
1. Ganjar Pranowo ( YouTube Ganjar Pranowo )
 
Siapa yang tak kenal dengan sosok Ganjar Pranowo yang mempunyai nama lengkap H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. adalah Gubernur Jawa Tengah dua periode yang menjabat sejak 23 Agustus 2013. pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, kini Ganjar pun mulai sering bikin konten dan vlogging di YouTube-nya, saat ini Ganjar sudah mempunyai pengikut atau Subscriber YouTube 1,09M subs.
 
2. Basuki Tjahja Purnama ( YouTube Panggil saya BTP )
 
Basuki Tjahja Purnama atau yang lebih dikenal dengan panggilan Hakka Ahok, adalah pengusaha dan politikus keturunan Tionghoa Indonesia yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina sejak 25 November 2019. 
 
Basuki pun ikut turun menjadi Youtuber dan sering bikin Vlog atau konten, kini Basuki sudah mempunyai jumlah pengikut Youtube 1,06M subs dibawah Ganjar Pranowo.
 
 
3. Sandiaga Uno ( Sandiuno TV )
 
Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. adalah pengusaha dan politisi Indonesia. Ia dipercaya oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju menggantikan Wishnutama yang dilantik pada tanggal 23 Desember 2020.
 
Sandiaga Uno pun tak kalah tenarnya di dunia medsos, sering bagikan kesehariannya lewat vlogging dan kolaborasi bersama Youtuber lain, kini YouTube Sandiaga Uno mempunyai pengikut  697K subs.
 
4. Ruhut Sitompul ( Ruhut P Sitompul )
 
Ruhut Sitompul, S.H. seorang advokat, aktor dan politikus ini dulu dikenal luas berkat perannya sebagai tokoh pongah Poltak yang mengaku Raja Minyak dari Tarutung di sinetron Gerhana, namun kini merambah ke dunia politik.
 
Tak mau kalah dengan beberapa politisi yang mempunyai YouTube, Ruhut pun ikut menggarap berbagai konten di YouTube-nya, kini Ruhut sudah mempunyai 322K subscriber atau pengikut di YouTubenya.
 
Dari beberapa nama politisi di atas, masih banyak lagi elit politisi lainnya yang kini terjun ke dunia YouTube sebagai sarana untuk mencari uang maupun untuk membagikan kesehariannya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x