Hari Sesaktian Pancasila, Sekjen PBNU: Kawal, Lestarikan dan Pertahankan Pancasila!

- 1 Oktober 2021, 17:11 WIB
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Ahmad Helmy Faishal Zaini.
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Ahmad Helmy Faishal Zaini. /NU Online/

 

GALAMEDIA - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini menyampaikan Pancasila patut dipertahankan di tengah ancaman ideologi transnasionalisme.

"Bagi NU prinsip yang dipegang adalah bahwa segala ikhtiar untuk mengawal, melestarikan, dan mempertahankan Pancasila sebagai falsafah bangsa, dasar negara, dan konsensus nasional patut didukung dan diapresiasi di tengah ancaman ideologi transnasionalisme yang merapuhkan sendi-sendi keutuhan bangsa dan persatuan nasional," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 1 Oktober 2021.

Ia menegaskan, NU memiliki komitmen kuat dan perhatian yang lebih dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Ia menambahkan, Nahdlatul Ulama memandang bahwa Pancasila merupakan konsensus kebangsaan yang bersifat final.

Baca Juga: Dokter Pribadi Ayu Ting Ting Unggah Potret Ibunda Bilqis Jalani Perawatan, Netizen Bersedih: Sakit Apa Kak?

"Pada Musyawarah Nasional Alim Ulama di Situbondo tahun 1983 dan dikukuhkan dalam Muktamar ke-27 NU di Situbondo tahun 1984, NU memutuskan bahwa Tidak ada pertentangan antara Islam tengan Pancasila," katanya.

Pancasila, lanjut dia, juga didudukkan sebagai falsafah dasar yang menjadi pedoman untuk mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur dengan tujuan melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Ia juga mengatakan, momentum hari kesaktian Pancasila harus dijadikan sebagai wahana untuk terus berpikir positif, berlaku positif dan bergerak secara positif agar kita semua dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: MENGEJUTKAN! Tampak Sehat, Ayu Ting Ting Mendadak Jalani Perawatan di RS, Umi Kalsum: Semoga Gak Kenapa-napa

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network