Enam Orang Tewas dan Ribuan Mengungsi Buntut Kericuhan di Yahukimo, Aparat Amankan 52 Orang Terduga Pelaku

- 4 Oktober 2021, 14:48 WIB
Mencekam dan memanas, kematian Abock Busup mantan Bupati  Yahukimo menelan korban nyawa
Mencekam dan memanas, kematian Abock Busup mantan Bupati Yahukimo menelan korban nyawa /Kolase by Naskah/

 

GALAMEDIA – Kericuhan terjadi di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Minggu, 03 Oktober 2021. Enam orang tewas dan 41 orang terluka akibat insiden yang terjadi saat sebagian warga tengah beribadah di gereja GIDI Dekai Yahukimo.

Massa yang disebut berasal dari Suku Kimyal menyerbu dan menyerang warga Suku Yali dengan senjata tradisional berupa parang dan panah, juga senjata tajam lainnya.

Personel Polres Yahukimo mendapat informasi dari warga terkait terjadinya peristiwa penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali. 20 personel Polres Yahukimo kemudian menuju lokasi dipimpin oleh Kasat Intelkam AKP I Nengah S Gaspar.

Kelompok massa Suku Kimyal kemudian menyerang masyarakat Suku Yali yang berada di Hotel Nuri, dan membakar gedung hotel.

Baca Juga: Tanggapi Ibu Kota Baru, Rizal Ramli: Tidak Ada yang Mau Tinggal, Kecuali Pejabat Korup dan BUMN China

Kapolres bersama tim gabungan TNI-Polri bergerak dari Hotel Nuri menuju ke kompleks Sekla untuk membubarkan kelompok massa yang melakukan aksi pembakaran.

Dalam pernyataannya kepada awak media, Direskrimum Polda Papua Faizal Ramadhani mengatakan insiden penyerangan tersebut menelan korban jiwa sebanyak enam orang, satu di antaranya adalah pelaku kericuhan.

“Masyarakat yang meninggal dunia enam orang yang salah satunya diduga adalah pelaku penyerangan. Seluruh jenazah masih disemayamkan di RSUD Yahukimo,” kata Faizal.

Kemudian 41 orang lainnya mengalami luka, dan tengah ditangani tim medis RSUD Yahukimo. Diperkirakan seribu warga lainnya mengamankan diri di Polres Yahukimo.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah