Jokowi Bangga Indonesia Miliki Smelter Terbesar di Dunia, Untuk Dukung Industrialisasi China?

- 12 Oktober 2021, 18:09 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan (groundbreaking) instalasi pemurnian dan pengolahan (smelter) PT Freeport Indonesia yang mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan (groundbreaking) instalasi pemurnian dan pengolahan (smelter) PT Freeport Indonesia yang mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. /Dok. Kemenko Perekonomian/


GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, menjadi yang terbesar di dunia.

Namun hal tersebut langsung ditanggapi negatif oleh ekonom senior Faisal Basri dalam sebuah acara diskusi secara virtual, Selasa, 12 Oktober 2021.

"Pak Jokowi hari ini bilang Indonesia bakal memiliki pabrik smelter tembaga di Gresik, terbesar di dunia. So what? Kalau terbesar itu mau apa? manfaatnya buat negeri ada enggak?" tutur akademisi Universitas Indonesia (UI) ini.

Ia menyatakan, pernyataan Jokowi itu serupa saat menggembar-gemborkan kehebatan ekspor Indonesia di sektor besi dan baja yang pada tahun ini hingga Agustus 2021 naik 95 persen.

"Ini persis seperti Pak Jokowi mengklaim waktu pertemuan sarasehan 100 Ekonom itu dia bangga-banggakan pertumbuhan ekspor besi dan baja naik 95 persen pada tahun ini sampai Agustus. Dahsyat ini," tuturnya.

Baca Juga: Kakak Kandung Menteri Agama Didorong PWNU Jawa Timur untuk Gantikan Said Aqil Siradj Sebagai Ketua PBNU

Faisal menyebutkan, besi dan baja ini memiliki macam-macamnya yang diekspor Indonesia ke negara lain mulai dari yang nilai tambahnya sangat rendah hingga sangat tinggi.

"Nah iron and steel itu isinya apa? Sebagian besar adalah feronikel dan nikel peak iron yang nilai tambahnya masih rendah sekali, kira-kira rata-rata 25 persen deh," jelasnya.

Disebutkan, sebagian besar ekspor komoditas tersebut adalah untuk China.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x