Jokowi Menginginkan Setiap Daerah Kembangkan Produk Unggulan

- 20 Oktober 2021, 18:00 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /Instagram/@jokowi/

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar perdagangan antardaerah dan antarpulau terus dikembangkan dan diperkuat. Karenanya, dia meminta daerah mengembangkan produk unggulannya.

“Jangan semuanya dikerjain, sehingga nanti ke depan bisa saling menopang,” ujar Jokowi saat pembukaan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu 20 Oktober 2021.

Jokowi juga meminta agar perekonomian daerah harus mulai diaktifkan kembali setelah lonjakan pandemi yang terjadi dalam 1,5 tahun terakhir ini. Selain itu, daerah juga perlu selalu siaga menghadapi ketidakpastian global.

Ketidakpastian global ini mulai terjadi di sejumlah negara di Eropa dan juga China berupa krisis energi yang sebelumnya tidak terduga.Namun, menurut Jokowi, kondisi ini sangat menguntungkan Indonesia karena kenaikan harga komoditas.

Baca Juga: Alhamdulillah, Sumedang Masuk Level 2 PPKM

“Saya kira daerah yang memiliki kelapa sawit atau yang memiliki batu bara senang semua, atau yang memiliki nikel atau yang memiliki tembaga semuanya senang, karena ekonomi di daerah penghasil komoditas itu pasti akan merangkak naik,” ungkapnya,seperti dikutip Galamedia dari berbagai sumber.

Kendati begitu, Jokowi mengingatkan agar daerah tak latah terhadap kondisi kenaikan harga komoditas tersebut, sehingga mengikuti tren komoditas di daerah lainnya.

"Kita inikan senengnya latah. Karet panen semua nanem karet. Sawit rame, semua nanem sawit. Sawit ambruk, semuanya juga ambruk. Karet harganya jatuh, semuanya juga ikut jatuh. Jangan seperti itu,” tuturnya.

Presiden pun menekankan agar tiap daerah fokus pada produk unggulannya saja sehingga bisa saling menopang dan melengkapi dalam value chain nasional.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x