Kabupaten Sukabumi Diguncang Gempa, Sabtu 30 Oktober 2021 Pagi, Ini Imbauan BMKG

- 30 Oktober 2021, 08:03 WIB
Kabupaten Sukabumi Digundang Gempa, Sabtu 30 Oktober 2021 Pagi.
Kabupaten Sukabumi Digundang Gempa, Sabtu 30 Oktober 2021 Pagi. /BMKG

GALAMEDIA - Pada Hari Sabtu, 30 Oktober 2021 pukul 05:56:42 WIB telah terjadi gempa wilayah Kab. Sukabumi dan sekitarnya.

Dikutip Galamedia dari laman BMKG, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,2. Episenter terletak pada koordinat 7.55 LS dan 106.69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 km Tenggara Kab-Sukabumi pada kedalaman 30 kilometer.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal, diduga akibat aktivitas Sesar Cipamingkis yang menerus ke laut.

Baca Juga: Tren Kasus Covid-19 Menurun, Warga Jabar Tetap Harus Terapkan Prokes Ketat Saat Beraktivitas

Dampak Gempabumi:
Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah di Ujung Genteng, Cipamingkis, Jampang, Cikaso dan Cidolok III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Dini Untuk Daerah Ini, Berikut Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Sabtu, 30 Oktober 2021

Gempabumi Susulan:
Hingga pukul 07:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Rekomendasi:
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. ***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x