Luhut Diisukan Terlibat Bisnis PCR, Jubir: Pak Luhut Selalu Menyuarakan Harga Test PCR Bisa Terjangkau

- 2 November 2021, 14:04 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diisukan terlibat dalam bisnis PCR.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diisukan terlibat dalam bisnis PCR. /Instagram.com/@luhut.pandjaitan/

GALAMEDIA - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diisukan terlibat dalam bisnis tes polymerase chain reaction (PCR).

Isu berkembang lantaran dua perusahaan yang terafiliasi dengannya, yakni PT Toba Sejahtra dan PT Toba Bumi Energi, ikut mengantongi saham di Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) Lab.

GSI Lab sendiri berdiri tahun 2020 dan diklaim untuk membantu pemerintah mempercepat penanganan Covid-19.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi. Ia mebegaskan, tidak ada maksud bisnis dalam keterlibatan sejumlah pebisnis, termasuk Luhut, yang mendirikan GSI Lab.

Baca Juga: Penanganan Covid-19 di Indonesia Diklaim Masuk Ketegori Terbaik di Dunia

"Tidak ada maksud bisnis dalam partisipasi Toba Sejahtra di GSI, apalagi Pak Luhut sendiri selama ini juga selalu menyuarakan agar harga test PCR ini bisa terus diturunkan sehingga menjadi semakin terjangkau buat masyarakat," tutur Jodi, Selasa, 2 November 2021.

Jodi menerangkan, Toba Bumi Energi adalah anak perusahaan Toba Bara Sejahtra. Namun saham Menko Luhut yang dimiliki melalui Toba Sejahtra di Toba Bara Sejahtra sudah sangat kecil yaitu di bawah 10 persen.

"Jadi Pak Luhut tidak memiliki kontrol mayoritas di TBS, sehingga kita tidak bisa berkomentar terkait Toba Bumi Energi," tegas dia dikutip dari Antara.

Jodi mengungkapkan awal mula pendirian GSI di mana kala itu Luhut diajak teman-teman dari Grup Indika, Adaro, Northstar, yang berinisiatif untuk membantu menyediakan tes Covid-19 dengan kapasitas tes yang besar. Dahulu, hal tersebut menjadi kendala pada masa-masa awal pandemi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x