Ekonomi Digital Naik 40 Persen, Ridwan Kamil: Kesiapan Masyarakat Masih Jadi Tantangan

- 23 November 2021, 16:36 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil  di Kampus UMKM Shoppe Ekspor Bandung, Jln. BKR, Kota Bandung, Selasa, 23 November 2021.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Kampus UMKM Shoppe Ekspor Bandung, Jln. BKR, Kota Bandung, Selasa, 23 November 2021. /Rio Ryzki Batee/Galamedia/

 

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bahwa kesiapan masyarakat untuk masuk ekonomi digital masih menjadi tantangan, meski ekonomi digital mengalami kenaikan 40 persen selama pandemi.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Jabar dan Shoppe menghadirkan program Pelatihan Pengembangan Bisnis Digital yang diberikan kepada 406 guru dan lebih dari 26 ribu murid di 206 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat.

Program yang telah dimulai sejak September 2021 lalu, merupakan upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia di Jawa Barat dalam mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0.

Baca Juga: Klaim Luhut WSBK Ditonton 1,6 Miliar Orang, Aktivis: Manusia atau Makhluk Gaib?

"Kedepan generasi muda ini diharapkan juga memiliki kemampuan dan kemauan untuk menjadi katalis dalam membantu lebih banyak UMKM lokal juga bisa terampil, dalam membangun bisnis digital dan ambil bagian dalam ekonomi digital yang kian berkembang," ungkapnya di Kampus UMKM Shoppe Ekspor Bandung, Jln. BKR, Kota Bandung, Selasa, 23 November 2021.

Menurutnya partisipasi konkrit dari Shopee dengan mewujudkan kurikulum adaptif, diharapkan mampu mempersiapkan SDM di Jawa Barat yang siap pada masa depan 4.0.

"Shopee juga sudah membantu Jawa Barat selama masa krisis Covid-19, membantu menaikan target vaksin dan membantu menyiapkan SDM. Hal ini diwujudkan melalui mobil vaksin keliling dari Shopee yang akan menjangkau daerah-daerah yang warganya susah secara mobilitas dan akan kita datangi," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan bahwa sinergi dengan berbagai pihak dalam meningkatkan keterampilan digital para pelaku pendidikan, dinilai sangat penting.

Baca Juga: Fitur Add Yours Instagram Dijadikan Modus Kejahatan, Pegiat Medsos: Challenge Kayak Gini Gak Perlu Diikuti

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x