26 Ribu Siswa SMK Diajar Bisnis Kurikulum Ekonomi Digital

- 23 November 2021, 18:26 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan penandatanganan kerja sama pelatihan kurikulum ekonomi digital bagi siswa SMK antara Pemda Provinsi Jabar dengan Shopee di kampus UMKM Shopee, Jalan BKR, Kota Bandung, Selasa (23/11/2021). (Foto: Pipin Sauri/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan penandatanganan kerja sama pelatihan kurikulum ekonomi digital bagi siswa SMK antara Pemda Provinsi Jabar dengan Shopee di kampus UMKM Shopee, Jalan BKR, Kota Bandung, Selasa (23/11/2021). (Foto: Pipin Sauri/Biro Adpim Jabar) /

GALAMEDIA – Sebanyak 26 ribu siswa SMK di Jabar akan belajar bisnis menggunakan kurikulum ekonomi digital guna bisa bersaing dan diserap industri kekinian.

Siswa yang menjadi target pelatihan tersebar di 27 kabupaten/kota dan akan mulai dilatih pada 2022. Kurikulum ekonomi digital dikembangkan Pemda Provinsi Jawa Barat bersama perusahaan e-commerce Shopee.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan penandatanganan kerja sama di kampus UMKM Shopee, Jalan BKR, Kota Bandung, Selasa, 23 November 2021.

Menandatangani perjanjian kerja sama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi dan Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto.

Baca Juga: Tentera Darat Diraja Malaysia Latihan Bareng Bersama TNI AD di Sarawak Selama 12 Hari

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, penerapan kurikulum shopee di SMK merupakan respons cepat Pemda Provinsi Jabar mengantisipasi era industri 4.0 dan disrupsi pandemi COVID-19. Penyiapan SDM yang bisa beradaptasi dengan keadaan menjadi penting.

"206 SMK akan menggunakan kurikulum shopee, ini komitmen kongkret bahwa Jabar siap dalam ekonomi digital," ujar Ridwan Kamil.

Lulusan SMK kurikulum shopee ini akan langsung diserap berbagai perusahaan e-commerce terutama Shopee. Siswa juga akan diberikan jalan menjadi pengusaha lokal mandiri yang memahami tren ekonomi digital.

"Lulusannya diserap langsung oleh perusahaan e-commerce atau menjadi pengusaha karena sudah punya bekal," ujar Kang Emil.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x