Pembukaan Wanadri Menanam, WJCTF Tanam 4.000 Pohon

- 24 November 2021, 18:15 WIB
Kegiatan penanaman pohon Wanadri (Wanadri)
Kegiatan penanaman pohon Wanadri (Wanadri) /Wanadri/

GALAMEDIA -- Yayasan Wanadri melalui unit kerjanya, West Java Conservation Trust Fund (WJCTF) akan menanam 4.000-an mangrove dan pohon endemik pada acara pembukaan “Wanadri Menanam” di Poponcol Desa Mayangan Kab. Subang dan Taman Buru Masigit Kareumbi Kabupaten Bandung.

”Acara penanaman akan dilakukan secara serentak di dua tempat tersebut, dengan pusat acara di Mayangan Subang pada Sabtu dan Ahad, 27 – 28 November,” ujar Direktur Utama WJTF, Irwanto Iskandar di Bandung, Rabu, 24 November 2021.

“Kami terpicu oleh data resmi KLHK yang menyebutkan bahwa lahan kritis di Jawa Barat telah mencapai 911.193 ha, yang mencakup nyaris 25% luas daratannya. Maka tak heran apabila di Jawa Barat sering terjadi bencana hidrometeorologi. Banjir, tanah longsor, angin puting beliung, hingga kekeringan di musim kemarau, seakan tak ada hentinya menerpa Jawa Barat. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebagian besar atau 95% bencana yang ada di Indonesia merupakan bencana hidrometeorologi,” tutur Irwanto menjelaskan.

Baca Juga: Mampu Hadirkan Layanan Terbaik, BRI Sabet 4 Penghargaan Pada Bank Indonesia Award 2021

Acara “Wanadri Menanam” diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada 28 November.

Bibit mangrove dan pohon yang akan ditanam merupakan sumbangan dari masyarakat melalui program Wali Mangrove dan Wali Pohon.

”Penanaman sebenarnya terus dilaksanakan hinga Februari 2022. Oleh karena itu, kami masih membuka donasi selama Bulan Penanaman pada Desember 2021,” kata Irwanto.

Sementara itu Direktur Keuangan WJCTF, Sandyakala Ning Tyas menjelaskan bahwa donasi program wali (Wali Pohon, Wali Mangrove, Wali Fauna, dan Wali Hutan) berlangsung sepanjang waktu.

”Hanya, waktu penanaman memang ditentukan pada saat-saat tertentu, khususnya pada musim hujan,” katanya menjelaskan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x