Ada Gerhana Matahari Total Hari Ini, 4 Desember 2021, Bisa Dilihat di Indonesia?

- 4 Desember 2021, 08:10 WIB
Ilustrasi Gerhana Matahari.
Ilustrasi Gerhana Matahari. /Pexels/Drew Rae

GALAMEDIA - Gerhana matahari total bakal terjadi pada Sabtu, 4 desember 2021. Apakah Indonesia termasuk wilayah yang dapat menyaksikan fenomena tersebut?

Gerhana matahari total merupakan kondisi ketika bulan baru melewati di matahari dari sudut pandang bumi. Ketika gerhana matahari total terjadi, sebaiknya tidak mengamati atau melihat secara langsung tanpa alat bantu.

Dapat dipastikan bahwa gerhana matahari total yang akan terjadi hari ini adalah gerhana terakhir di tahun 2021 ini. Melansir laman Space.Com, gerhana matahari total akan kembali terjadi pada 20 April 2023 mendatang.

Baca Juga: Masih Pandemi, Kiper Persib Memilih Tak Jalan-jalan Dulu di Yogyakarta

Lantas di mana lokasi yang dapat menyaksikan atau mengamati gerhana matahari total besok? Sayangnya, Indonesia bukan termasuk wilayah yang akan dapat menyaksikan fenomena alam langka tersebut.

Dikatakan Space.Com, gerhana matahari total akan terjadi di Antartika hingga Afrika Selatan sejak dini hari.

Namun demikian, rencananya NASA akan menayangkan gerhana matahari total itu secana live streaming melalui kanal Youtube resmi miliknya.

Baca Juga: Ini Makna Asmaul Husna: Al Mubdi, Al Mu’id, dan Al Muhyi, Semoga Hidup Kita Selalu Diberkahi

"NASA berencana untuk menyiarkan gerhana matahari total dari Union Glacier, Antartika di YouTube dan nasa.gov/live . Streaming dimulai pada 1:30 EST (0630 GMT), totalitas dimulai pada 2:44 EST (0744 GMT) dan streaming berakhir pada 3:37 EST (0837 GMT)," tulis Space.Com.***

 

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x