Gunung Semeru Meletus: Puluhan Warga Alami Luka Bakar, Sejumlah Warga Terjebak

- 4 Desember 2021, 20:47 WIB
Semburan awan panas guguran yang dimuntahkan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur  saat terjadi erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021.
Semburan awan panas guguran yang dimuntahkan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur saat terjadi erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021. /Tangkapan layar YouTube video amatir/

GALAMEDIA - Puluhan warga dikabarkan mengalami luka bakar awan panas guguran akibat Gunung Semeru yang meletus hari ini, Sabtu, 4 November 2021.

Selain itu, sejumlah warga juga disebut terjebak di sebuah tempat akibat letusan Gunung Semeru.

Warga yang mengalami luka bakar dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Data sementara yang tercatat ada 48 warga yang mengalami luka bakar, namun data itu masih sementara karena petugas masih mengevakuasi warga," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Lumajang dr Bayu Wibowo.

Baca Juga: SEGERA BERLANGSUNG, LIVE BIG MATCH Persib vs Madura United Pukul 20.45 WIB di Liga 1

Menurutnya warga yang mengalami luka bakar, dari kategori ringan hingga berat akibat letusan Gunung Semeru segera dirujuk di beberapa puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Lumajang.

"Kalau luka bakarnya berat, maka dirujuk ke beberapa rumah sakit, yakni RS Bhayangkara, RS dr Hariyotom dan RS Pasirian, sedangkan yang ringan dan sedang, bisa ditangani di puskesmas," jelas dia dikutip dari Antara.

Ia mengatakan rata-rata warga yang terdampak letusan Gunung Semeru mengalami luka bakar dan sudah mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan.

Sementara Bupati Lumajang Thoriqul Haq memastikan seluruh puskesmas dan rumah sakit terdekat siaga setelah terjadinya letusan Gunung Semeru untuk mengantisipasi adanya korban terdampak guguran awan panas.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x