Varian Omicron Sudah Masuk Jakarta? Begini Kata Dinkes DKI Jakarta

- 8 Desember 2021, 20:35 WIB
Ilustrasi virus Corona varian Omicron.
Ilustrasi virus Corona varian Omicron. /Pixabay/Alexandra_koch//

GALAMEDIA - Belakangan beredar rumor bahwa varian baru Covid-19 yakni Omicron sudah ditemukan di Indonesia khususnya daerah Jakarta.

Menanggapi rumor tersebut, Dinas Kesehatan DKI Jakarta langsung mengambil tindakan dengan melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk mengidentifikasi kemungkinan Omicron sudah masuk Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyatakan bahwa kabar soal varian Omicron sudah ada di Indonesia khususnya Jakarta tidaklah benar.

Baca Juga: Mendagri Luruskan Soal PPKM Level 3 Nataru Batal, Ternyata Faktanya Seperti Ini

"Soal beredarnya informasi di media sosial dan media massa bahwa ditemukan empat kasus baru virus Corona B.11.529 atau Omicron berdomisili di DKI Jakarta, pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan informasi tersebut tidak benar," ucapnya Rabu, 8 Desember 2021 dilansir Antara.

Dia menuturkan bahwa saat ini setidaknya sudah 2.500 spesimen yang sudah diperiksa oleh Dinkes DKI Jakarta.

"Setidaknya sudah 2.500 spesimen diperiksa dan 40 persen di antaranya adalah 'varian of concern' dan sejauh ini tidak ditemukan varian Omicron," jelasnya.

Baca Juga: Jumhur Hidayat Minta Jokowi Bertindak Atas Ancaman China: Kalau Tidak Bisa, Sontoloyo Saya Bilang

Di sisi lain, Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga mengapresiasi langkah pemerintah yang melakukan perpanjangan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x