Dorong Ekonomi Kreatif, Bupati Bandung Gelontorkan Dana Pinjaman Tanpa Bunga Rp 40 Miliar untuk Pelaku Ekraf

- 17 Desember 2021, 11:21 WIB
Dorong Ekonomi Kreatif, Bupati Bandung Akan Gelontorkan Dana Pinjaman Tanpa Bunga Rp 40 Miliar untuk Pelaku Ekraf
Dorong Ekonomi Kreatif, Bupati Bandung Akan Gelontorkan Dana Pinjaman Tanpa Bunga Rp 40 Miliar untuk Pelaku Ekraf /Dok. KBCH

GALAMEDIA - Bupati Bandung, H. M. Dadang Supriatna akan menggelontorkan dana pinjangan tanpa bunga kepada pelaku ekonomi kreatif yang tersebar di 270 desa dan 10 kelurahan di Kabupaten Bandung. Dana tersebut disimpan di dua bank daerah, Bank BJB dan Bank BPR Kertaraharja.

Alasan DS, begitu sapaan populernya, selain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, mendorong kegiatan ekonomi kreatif, juga ia ingin menghapus praktik-praktik rentenir yang seringkali menjebak para pelaku usaha kecil tersebut.

Untuk merealisasikan hal tersebut, DS mendorong KaBandung Creative Hub (KBCH) untuk mengaktivasi Desa Ekraf sebanyak 100 desa pertahun-nya. Tahun kedua 100 desa dan seterusnya.

Baca Juga: Gagal Bertemu Pujaan Hati yang Baru Dua Hari Dikenal di Medsos, Pria Ini Nekat Panjat Tower Operator Seluler

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bandung akan memberikan pinjangan tanpa bunga kepada pelaku ekonomi kreatif. Dikatakan DS, pertahunnya ia akan menggelontorkan dana sekitar Rp 40 miliar pertahun.

“Bantuan modal tanpa bunga ini harus dikembalikan. Mudah-mudahan bisa mendorong, semangat dan spirit kepada pelaku usaha ekonomi kreatif di masing-masing desa, dan pada akhirnya pertumbuhan ekonomi desa akan meningkat, sehingga akan meningkatkan daya beli. Hal ini akan meningkatkan IPM Kabupaten Bandung,” paparnya saat peluncuran Desa Ekraf di Desa Buahbatu Bojongsoang, Rabu 15 Desember 2021i.

Baca Juga: Gagal Bertemu Pujaan Hati yang Baru Dua Hari Dikenal di Medsos, Pria Ini Nekat Panjat Tower Operator Seluler

“Mudah-mudahan kolaborasi yang dilakukan oleh KBCH melalui program Creative Camp Bedas di masing-masing desa akan mendorong ekonomi secara makro di wilayah Kabupaten Bandung,” harap DS.

Alasan lain kenapa mencanangkan bantuan tanpa bunga, karena di Kabupaten Bandung masih merajalela Bank Emok yang merusak dan mengubah karakter masyarakat bahkan menyebabkan peningkatan angka perceraian di Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Pemkab Bandung Dorong Buahbatu Jadi Desa Batik, Batik Motif Kina Akan Dipatenkan dan Ikon Baru Kab. Bandung

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x