Kabel-kabel di Kota Bandung Mulai Ditanam, 13 Ruas Jalan Jadi Percontohan

- 17 Desember 2021, 14:26 WIB
Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana memutus kabel yang menjuntai dan memulai program kabel ditanam di tanah./Humas Pemkot Bandung
Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana memutus kabel yang menjuntai dan memulai program kabel ditanam di tanah./Humas Pemkot Bandung /

GALAMEDIA - Pemkot Bandung mulai menertibkan kabel udara fiber optik, Jumat, 17 Desember 2021.

Kabel tersebut kemudian ditanam didalam tanah yang fasilitasnya sudah terbangun di 13 ruas jalan.

Penertiban dimulai di Jalan Ir. H. Djuanda atau Dago dan dikerjakan paralel ke titiknlaimnya.

"Alhamdulillah, selama ini pemerintah kota sebetulnya sudah punya fasilitas ducting, lubang-lubang untuk kabel-kabel di beberapa ruas jalan," ungkap Plt Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, pada acara Gowes To Conneticticity di Dago Cikapayang, Jumat, 17 Desember 2021.

Baca Juga: Kejar Sasaran Usia 6-11 Tahun, Vaksinasi Lansia Dikebut

"Hari ini, kita mulai aktivasi terutama kita lakukan di koridor Jalan Dago. Jadi, perhari ini mungkin Insya Allah dalam waktu sebulan semua kabel yang ada di Dago sudah turun masuk semua ke ducting," terangnya.

Dikatakannya, penertiban ini dilakukan demi keamanan dan juga estetika kota agar tidak semrawut. Penurunan kabel udara fiber optik ini dilakukan oleh Apjatel (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi).

Saat ini, ungkapnya, baru ada 13 titik saluran kabel bawah tanah yang sudah terbangun. Penertiban dimulai di kawasan Dago dan kemudian dilanjutkan hingga ke 12 ruas jalan lainnya.

"Yang sudah ada 13 titik (ducting). Kedepan nanti tugas PT BII untuk menurunkan semua kabel menjadi ducting se-Kota Bandung," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah