Flyover Kopo Bisa Rampung April 2022, Pembangunan Dikebut Siang Malam

- 17 Desember 2021, 19:48 WIB
PARA pekerja memansang besi beton penyangga di pembangunan fly over Kopo, di Jln. Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu, 2 Juni 2021./Darma Legi/Galamedia
PARA pekerja memansang besi beton penyangga di pembangunan fly over Kopo, di Jln. Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu, 2 Juni 2021./Darma Legi/Galamedia /

GALAMEDIA - Fly Over Kopo diprediksi dapat digunakan pada April 2022 mendatang. Jika itu terlaksana, maka pembangunannya lebih cepat dari target awal, September 2022.

Hal itu terungkap saat Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama bersama Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar, Bambang Tirtoyuliono, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Wilan Oktavian meninjau pembangunan flyover Kopo, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat 17 Desember 2021.

"Kemungkinan flyover bisa diaktivasi sebelum lebaran, April 2022. Kita juga kemungkinan akan menambah (melebarkan) di ujung flyover supaya tidak bottle neck begitu naik atau turun," ucapnya usai peninjauan.

Melihat pembangunannya yang cepat, Yana optimis flyover ini dapat bermanfaat untuk mengurai kemacetan di sekitar wilayah tersebut pada April 2022.

Baca Juga: BAF Terus Beri Andil dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Indonesia

"Sekitar 20 persen lebih cepat, luar biasa. Jadi tentunya Pemerintah Kota Bandung juga mendukung. Ada permasalahan luasan jalan di bawahnya yang perlu kita lebarkan, ya kita support. Insyaallah itu juga berjalan paralel," katanya.

Meski flyover dapat mengurangi kemacetan, Yana berharap warga Kota Bandung bisa mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi publik.

"Ini memang ikhtiar mengurai titik-titik kemacetan, tapi tetap kita terus mendorong penggunaan transportasi publik di Kota Bandung. Sehingga warga lebih banyak menggunakan transportasi publik dan kemacetan bisa berkurang," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat, Wilan Oktavian menerangkan, secara kontraktual, paket pembangunan flyover Kopo berakhir pada September 2022. Namun Wilan menyebut, progresnya lebih cepat sekitar 20 persen.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x