Jelang Akhir Tahun, 44 Perusahaan Jabar Ekspor Senilai USD 17,87 Juta

- 24 Desember 2021, 20:17 WIB
Menteri Perdagangan lepas Ekspor
Menteri Perdagangan lepas Ekspor /Kamsari/Dok. Humas Kemendag

GALAMEDIA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat memfasilitasi 44 perusahaan mengikuti pelepasan ekspor akhir tahun 2021 yang digelar secara serentak oleh Kementerian Perdagangan di 26 provinsi, Kamis 23 Desember 2021.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh.Arifin Soedjayana mengatakan, jumlah pelaku usaha di Jawa Barat yang ikut melakukan ekspor pada Desember sebanyak 44 Perusahaan yang tercatat melalui Surat Keterangan Asal (SKA).

Volume ekspor dari Jawa Barat ini mencapai 20.493 ton atau senilai USD 17,87 juta.

Baca Juga: Jelang Natal, Gereja di Sumedang Disterilisasi

“Momentum pelepasan ekspor produk bernilai tambah merupakan wujud konkret dukungan Pemerintah (Pusat dan Daerah) kepada para pelaku bisnis untuk terus berupaya dalam meningkatkan nilai ekspor Indonesia,” katanya Jumat 24 Desember 2021.

Menurutnya, momentum pelepasan ekspor telah mendorong pelaku bisnis terus berinovasi menciptakan produk-produk bernilai tambah.

"Serta menjaga pertumbuhan ekonomi masyarakat agar terus berjalan,” ujarnya.

Arifin mengatakan, Jabar berhasil menyumbang 14,68 persen dari total ekspor nasional pada Januari-November dari total ekspor nasional.

Baca Juga: BBM Pertalite Bakal Dihapus, Sekjen Pergerakan Kedaulatan Rakyat: Ya Tambah Miskin!

Angka ini menjadikan Jabar menjadi provinsi nomer satu penyumbang ekspor terbesar di Indonesia.

Jabar mendapat kehormatan karena menjadi lokasi utama pelepasan akhir tahun 2021 yang dipimpin Menteri Perdagangan M.Lutfi.  

Ada tiga lokasi pelepasan ekspor akhir tahun yang digelar di Jawa Barat antara lain lokasi utama pelepasan di PT. Toyota Motor  Manufacturing  Indonesia, Karawang, lalu PT. Bina Niaga  Multiusaha (BNM Stainless Steel), Kabupaten Bekasi, kemudian PT. Argha Karya Prima Industry, Kabupaten Bogor.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah