4 Tahanan Polsek Cikalongwetan Kabur, Hanya Seminggu Berkeliaran Kembali Ditangkap

- 19 Januari 2022, 21:03 WIB
Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan
Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan /Budi Satria/prfmnews.
GALAMEDIA - Empat orang tahanan Polsek Cikalong Wetan yang sempat kabur pada Rabu (12/1) lalu, akhirnya berhasil ditangkap kembali oleh tim gabungan Satreskrim Polres Cimahi dan Polsek Cikalong Wetan.
 
Dua tahanan pertama atas nama Agung dan Alimudin telah diamankan lebih dahulu pada Kamis (13/1) lalu, sedangkan untuk dua tahanan terakhir atas nama Iding dan Endang, ditangkap polisi pada Selasa (18/1).
 
"Jadi kurang lebih seminggu, empat tahanan yang kabur diamankan semua," kata Kapolres Cimahi, AKBP Imron Ermawan di Mapolres Cimahi Jalan Amir Mahmud, Rabu  19 Januari 2022.
 
 
Menurutnyq, keempat tahanan yang kabur itu ditangkap pada waktu dan tempat yang berbeda. Sebab setelah kabur dengan membobol atap tahanan, mereka bersembunyi di tempat yang berbeda. Ada yang di area hutan sekitar Cikalongwetan dan Cipeundeuy.
 
Diketahui tahanan yang kabur tersebut merupakan para tersangka tindakan kriminal pencurian dengan pemberatan, yakni pencurian besi dan baut rel kereta api. Sementara tersangka yang ditangkap terakhir merupakan spesialis pencuri ternak.
 
"Dua tahanan yang berhasil diamankan terlebih dahulu, saat ini sudah dikirim ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Dua yang terakhir Insya Allah besok atau Jumat kita kirim juga ke Lapas," tegasnya.
 
 
Sebagai upaya agar kejadian serupa tidak terulang kembali, pihaknya memerintahkan anggota untuk melakukan pemeriksaan secara lebih rutin, dan peningkatan kewaspadaan di semua polsek. Terutama terkait dengan fasilitas ruang tahanan supaya tidak ada celah dirusak. 
 
"Antisipasi kita rutin pengecekan sel polsek dan polres, CCTV juga ditambah. Kalau ada yang rusak dan harus diperbaiki langsung diperbaiki," ujarnya. 
 
Imron mengakui, imbas dari kejadian adanya empat tahanan Polsek Cikalongwetan yang kabur, telah dilakukan pemeriksaan kepada petugas yang berjaga saat itu. 
 
 
"Petugas jaga yang bertugas di Mapolsek Cikalongwetan, telah diperiksa Propam setelah empat tahanan sempat kabur melalui atap kamar mandi pekan lalu," ungkapnya.
 
Menurutnya meski keempat tahanan yang sempat kabur itu kini sudah berhasil diamankan kembali, proses  pemeriksaan kepada petugas jaga tersebut tetap jalan. Pemeriksaan  dilakukan, apakah ada unsur kelalaian atau tidak di balik kaburnya empat tahanan tersebut. 
 
Dikatakannya, semua personel yang berjaga dan piket saat malam kejadian kaburnya empat tahanan, kini sudah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara terkait penambahan hukuman bagi para tahanan yang kabur, Imron menyebutkan hal itu jadi kewenangan tuntutan jaksa dan hakim. 
 
 
"Nanti kita sampaikan ke jaksa untuk pemberatan hukumannya. Karena mereka ini kan tahanan kejaksaan yang dititipkan pada kami," jelasnya.
 
Lebih lanjut dikatakannya, keempat tahanan yang melarikan diri tersebut kabur melalui atap kamar mandi. Namun Imron belum bisa memastikan cara mereka kabur melalui atap kamar mandi tersebut, apakah menggunakan alat atau tidak dalam membongkar kamar mandi itu.
 
"Kaburnya memang melalui atap kamar mandi, lewat atas dibuka dengan cara mereka sendiri. Untuk penggunaan alatnya masih didalami," ujarnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x