Kementerian Komunikasi dan Informatika Luncurkan G20pedia,Netizen Wajib Tahu

- 19 Januari 2022, 23:16 WIB
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Usman Kansong.
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Usman Kansong. /Biro Humas Dan Protokol BNN RI/

GALAMEDIA – Dalam laman infopublik.id, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP), Rabu, 19 Januari 2022 meluncurkan G20pedia.

Peluncuran buku elektronik berisi informasi dan tanya-jawab seputar G20 ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Group of Twenty atau G20, khususnya Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Usman Kansong, mengemukakan keberadaan G20pedia diperlukan untuk memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang sejarah terbentuknya G20, termasuk mengapa forum tersebut dinamakan G20, serta kontribusi dan peran aktif Indonesia di dalamnya.

“Ini penting, karena Indonesia satu-satunya negara berkembang di Asia Tenggara yang masuk dalam G20. Dengan demikian, negara kita memiliki kesempatan strategis untuk ikut menentukan arah desain kebijakan pemulihan ekonomi global, terutama pasca pandemi COVID-19,” jelas Usman, dalam keterangan resminya yang diterima InfoPublik, Rabu, 19 Januari 2022.

Baca Juga: Kasus Denny Siregar Lebih Parah dari Kasus Ferdinand Hutahaean, Pakar Hukum Pidana: Jelas-jelas Pidana Itu!

Informasi lain dalam G20pedia yang sangat penting untuk diketahui, dikatakan Dirjen IKP adalah manfaat Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 bagi masyarakat.

“Sebagaimana telah disampaikan Presiden Jokowi, G20 diharapkan bukan sekadar event, namun harus berdampak positif terhadap pemulihan sosial-ekonomi nasional dan bahkan global,” tegas Usman.

Lebih lanjut, Dirjen IKP menyampaikan, penjelasan dalam G20pedia juga lebih membumikan istilah-istilah teknis dan teknokratis yang banyak dipergunakan dalam G20 agar lebih dipahami masyarakat.

Melalui G20pedia, masyarakat dapat mencari tahu apa yang dimaksud dengan financial track, sherpa track, working groups, dan istilah-istilah lainnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah