Sudah Ada 1.023 Jemaah Indonesia berangkat Ibadah Umroh, Berikut Ini Persyaratannya

- 20 Januari 2022, 10:21 WIB
Ilustrasi Umrah Photo by Adli Wahid on Unsplash
Ilustrasi Umrah Photo by Adli Wahid on Unsplash /

GALAMEDIA - Hingga 11 Januari 2022, sudah ada 1.023 jemaah Indonesia yang berangkat ibadah umroh.

Dibukanya pelaksanaan ibadah umroh tentu juga menjadi ujung penantian bagi jemaah sekaligus angin segar bagi pelaku bisnis, misalnya perusahaan biro perjalanan.

Adalah Muhyidin, salah satu pelaku usaha penyelenggara ibadah umroh asal Surabaya yang merasa gembira, menyusul keputusan Pemerintah Indonesia untuk membuka perjalanan umrah bagi para jemaah asal Indonesia.

Menurut Muhyidin, keberangkatan kloter pertama jemaah umrah itu menjadi momen bersejarah sebab sudah hampir setahun jemaah umrah Indonesia tidak menginjakkan kaki di tanah suci.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias Begonia Jenis Baru Ditemukan Peneliti BRIN di Sumatera

“Seluruh jemaah berangkat menggunakan satu pesawat dengan penerbangan langsung dari Soekarno-Hatta menuju Madinah,” ujarnya saat dihubungi Indonesia.go.id, Sabtu, 8 Januari 2022.

Menurut Muhyidin, jasa travel miliknya terakhir kali memberangkatkan jemaah umrah dari Indonesia pada Desember 2020 dan Januari 2021.

Setelah itu, pemerintah Arab Saudi menutup pintu bagi jemaah asal Indonesia.

Berapa biaya untuk pergi umrah di masa pandemi?

Muhyidin mengatakan, pihaknya memberikan tiga paket pilihan kepada calon jemaah. Biaya termurah di kisaran Rp28,1 juta dengan fasilitas hotel bintang tiga di Madinah dan bintang lima di Mekah.

Selanjutnya ada paket medium di harga Rp30,1 juta juta dan paket premium Rp32,7 juta.  Kendati demikian, biaya ini belum termasuk ongkos karantina dan tes PCR bagi calon jemaah.

Baca Juga: Herry Wirawan Dihukum Mati dan Kebiri Kimia dalam Tuntutan Jaksa, Hari Ini Pleidoi Minta Hukuman yang Adil

Namun, Muhyidin juga mengingatkan ada sejumlah persyaratan khusus yang diterapkan pemerintah di masa pandemi bagi para jemaah umrah.

Mereka wajib melakukan karantina, tes kesehatan, dan PCR satu hari sebelum keberangkatan.

Karantina juga wajib dilakukan setelah kembali ke tanah air. “Aturan terakhir pemerintah menyebut karantina dari luar negeri itu selama tujuh hari,” ujarnya.

Biasanya pihak travel mematok biaya karantina di kisaran Rp540.000 per hari untuk satu orang. Biaya ini sudah termasuk tes PCR.

Terkait dengan syarat vaksin, Arab Saudi kini menerima seluruh vaksin yang ada di Indonesia.

Namun, khusus untuk penerima vaksin Moderna, AstraZeneca, Jhonson & Jhonson, Pfizer, mereka bisa langsung masuk Arab Saudi tanpa karantina.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief mengatakan, Indonesia telah mendapatkan izin untuk pelaksanaan umroh Desember 2021 hingga Januari 2022.

Baca Juga: Harga Emas Naik Drastis, Kamis 20 Januari 2022, Ini Rinciannya

Yang jelas, Hilman menambahkan, penyelenggara dan jemaah umrah diminta untuk mematuhi protokol kesehatan demi memberikan perlindungan kepada jemaah selama masa pandemi ini.

Dia menambahkan, penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui sistem komputerisasi pengelolaan terpadu. umrah dan haji khusus (Siskopatuh).

"Penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah,” kata Hilman dalam siaran pers, Kamis, 6 Januari 2022.

Keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun kepulangan jemaah umrah harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Baca Juga: Klarifikasi Arteria Dahlan: Pernyataan Dipelintir, Saya Tidak Mengatakan Memakai Bahasa Sunda Kejahatan

Menurut dia, keberangkatan empat penerbangan awal mengacu pada kebijakan umrah satu pintu (one gate policy).

Asrama Haji Jakarta menjadi lokasi screening kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x