Omicron Terus Bertambah, Kemenag Stop Pengiriman Jamaah Umrah

- 16 Januari 2022, 20:41 WIB
Ilustrasi ibadah umrah. /Instagram/spanews
Ilustrasi ibadah umrah. /Instagram/spanews /


GALAMEDIA - Meningkatnya kasus Omicron di sejumlah negara termasuk Arab Saudi dan Indonesia, membuat Kemenag mengambil langkah antisipasi.

Terhitung 15 Januari 2022, Kemenag menghentikan sementara penerbangan jamaah umrah.

Selain penghentian sementara penerbangan jamaah umrah, Kemenag juga melakukan upaya mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP) termasuk memantau perkembangan varian Omicron di Indonesia dan Arab Saudi.

"Kami akan mengkaji konsep OGP secara menyeluruh dengan melihat perkembangan yang terjadi, di saat virus Omicron makin berkembang di beberapa negara termasuk Indonesia dan Arab Saudi," kata, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman, dikutip Galamedia dari ANTARA, Minggu 16 Januari 2022.

Baca Juga: Haji Faisal Tolak Permintaan Doddy Sudrajat  Ajak Gala Sky Main ke Ancol:  Nanti Dia Rewel

Sambil menunggu evaluasi, Kemenag akan memutuskan apakah akan kembali memberangkatkan atau menghentikan sementara perjalanan umrah selama masa pandemi Covid-19.

"Kami hanya mendorong PPIU untuk lebih perlahan mengirim jamaah, jangan terlalu banyak, jangan dilakukan secara dadakan dan kami akan segera mengumumkan hasil evaluasi. Sekali lagi bahwa mekanisme buka tutup ini dilakukan seiring perkembangan Omicron di Indonesia dan Arab Saudi," kata Hilman.

Baca Juga: Habib Kribo Kembali Berulah, Anggota DPR RI Ingatkan Kasus Ferdinand Hutahaean: Eh Besoknya Dia Terjerat

Sebelumnya Kemenag telah memberangkatkan 1.731 jamaah dalam pemberangkatan umrah di masa pandemi ini pada 8 Januari 2022.

Jamaah umrah yang berangkat 8 Januari akan kembali ke Indonesia tanggal 17 Januari 2022.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x