Sekitar 500 PNS, Personel TNI dan Polri akan Pindah ke Ibukota Baru Mulai 2022

- 21 Januari 2022, 09:31 WIB
Desain Ibu Kota Baru Indonesia, Nusantara
Desain Ibu Kota Baru Indonesia, Nusantara /instagram.com/@nyoman_nuarta/

GALAMEDIA – Pemerintah menargetkan sekitar 500 ribu PNS Kementrian dan Lembaga hingga personel TNI dan Polri untuk dipindahkan ke kawasan ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur, pada tahap awal pembangunan periode 2022-2024.

Perpindahan tersebut juga diiringi dengan pembangunan infrastruktur utama mulai dari istana Presiden. Gedung DPR/MPR, dan perumahan.

“Pembangunan dan beroperasinya infrastruktur dasar untuk 500 ribu penduduk tahap awal” tulis keterangan situs resmi Ibu Kota Negara pada Selasa, 18 Januari 2022.

Bukan hanya itu, Presiden Jokowi juga berencana akan merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79 di kawasan Ibu Kota baru pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Baca Juga: Arteria Dahlan Minta Maaf Singgung Masyarakat Sunda, Cholil Nafis: Kalau Tak Ngerti, Diam Saja!

“Kita punya keinginan 17 Agustus 2024, upacara kenegaraan nanti sudah bisa diperingati bersama oleh segenap pejabat dan ASN kementrian, lembaga, instansi pusat ibukota baru,” kata Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi.

Dan hari ini Selasa, 18 Januari DPR akan menentukan pengesahan RUU Ibu Kota Negara pada rapat paripurna setelah disetujui di tingkat pertama.

Pada pembahasan marathon ini, DPR dan pemerintah akan membahas 40 pasal yang akan masuk dalam RUU IKN.

Pasal-pasal tersebut termasuk pemberian nama Nusantara sebagai Ibu Kota Negara baru yang diusulkan oleh Presiden Jokowi, penentuan system atau bentuk pemerintah IKN, hingga pendanaan IKN.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x