Heboh Polisi Cina Ada di Indonesia, Ucap Tri Brata dalam Bahasa Mandarin, Fakta Sebenarnya Bikin Geleng-geleng

- 24 Januari 2022, 14:35 WIB
Ilustrasi polisi.
Ilustrasi polisi. /Unsplash/Tusik Only

GALAMEDIA - Warganet dihebohkan isu polisi Cina berada di Indonesia.

Isu makin heboh ketika dua orang yang diklaim sebagai orang Cina dalam seragam polisi Indonesia, mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Mandarin.

Ramai tentang polisi Cina berseragam Polri ini bermula dari unggahan akun Facebook Misra Jiwaku pada 19 Januari 2022.

Baca Juga: Pemeran Handrick dalam Film Dannur Meninggal Dunia, Intip Profilnya

Benarkah demikian? Penelurusan Turn Back Hoax Indonesia mengungkap klaim polisi Cina mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Mandarin itu merupakan kabar yang keliru.

Polisi dalam video dimaksud ternyata aparat kepolisian Bangka Belitung yang sedang belajar bahasa Mandarin di Sekolah Bahasa (Sebasa) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri).

Video yang identik diunggah di akun Instagram Sebasa Lemdiklat Polri pada 5 November 2019 dengan narasi “Eiitttss.. Ini bukan polisi impor lo.. tp polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yg sedang belajar bahasa Mandarin di Sebasa” menjadi bukti.

Baca Juga: Terkenal Seperti Tom and Jerry, Fuji dan Fadly Rela Akur Demi Lakukan Hal Ini

Akun ini juga mengunggah dua video lain yang memperlihatkan mantan siswa Sebasa yang berdinas di Polda Jateng mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Arab. Ada juga siswa yang mengucapkan Tri Brata dalam bahasa Prancis.

Sebasa Lemdiklat Polri mengajarkan bahasa asing kepada seluruh anggota Polri untuk mendukung tugas operasional yang berkaitan dengan penggunaan bahasa asing.

Bahasa yang diajarkan meliputi bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, bahasa Perancis dan bahasa Arab.

Baca Juga: 250 Karya Dipamerkan di Artventura Art Exhibition

Sebasa Polri juga mengajarkan bahasa Indonesia kepada polisi dari luar negara Indonesia  atau Perwira Mancanegara, yang melaksanakan pembelajaran kepemimpinan kepolisian di sini.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x