Pendakwah ini Sebut Roy Suryo sebagai Biang Kegaduhan Perbandingan Adzan dan Gonggongan Anjing

- 28 Februari 2022, 18:23 WIB
KH Ahmad Fatih Syuhud/tangkap layar youtube Pondok Pesantren Al-Khoirot/
KH Ahmad Fatih Syuhud/tangkap layar youtube Pondok Pesantren Al-Khoirot/ /
GALAMEDIA - Pengasuh Pondok Pesantren (ponpes) Al-Khoirot Malang, KH Ahmad Fatih Syuhud, mengungkap awal mula terjadinya kegaduhan soal perbandingan adzan dengan gonggongan anjing.

KH Ahmad Fatih Syuhud mengatakan bahwa perbandingan adzan dengan gonggongan anjing itu bukan berasal dari ucapan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Menurutnya, perbandingan adzan dengan gonggongan anjing itu justru pertama kali beredar setelah salah satu politisi Demokrat membuat pernyataan yang menanggapi ucapan Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga: 2 Camat dan 4 Sekretaris di Pemkab Sumedang Masuk Box JPTP

Ia juga menyebut banyak masyarakat yang salah memaknai ucapan Yaqut Cholil Qoumas, dikarenakan lebih dulu kehasut pernyataan Roy Suryo.

"Jadi yang dengar ini salah memaknai dari Menteri Agama, yang menyamakan adzan dengan gonggongan anjing ini justru bukan Menteri Agama, tapi ada salah satu politisi  yang ngomong," kata KH Ahmad Fatih Syuhud, dikutip Galamedia dari channel Youtube Pondok Pesantren Al-Khoirot, Senin 28 Februari 2022.

KH Ahmad Fatih Syuhud kemudian menyampaikan soal aturan pengeras suara yang diterbitkan oleh Yaqut Cholil Qoumas itu.

Baca Juga: Persib Kontra Persija Laga Sarat Gengsi, Da Silva: Kemenangan Menjadi Keharusan!

Ia mengatakan bahwa aturan tersebut tidak diatur oleh Yaqut Cholil Qoumas, sebab hal itu sudah ada sejak era Menteri Agama terdahulu.

Namun menurutnya, selama ini aturan tentang pengeras suara masjid itu belum dilaksanakan dan Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama pertama yang akan melaksanakannya.

"Aturan Menteri Agama itu bukan sekarang, tapi sudah sekitar 1900 berapa tapi belum dilaksanakan. Baru Menteri Agama yang ini akan melaksanakannya," terangnya.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Dipilih Jadi Presiden Hari Ini Kalahkan Anies, Prabowo bahkan Jokowi

Seperti diketahui, ucapan Yaqut Cholil Qoumas menjadi polemik setelah dipelintir oleh Roy Suryo.

Bahkan Roy Suryo yang menganggap Yaqut Cholil Qoumas menyamakan adzan dengan gonggongan anjing melaporkan sang Menteri Agama ke polisi.

Akan tetapi, laporan Roy Suryo itu ditolak mentah-mentah dan kini ia justru dilaporkan balik oleh LBH GP Ansor dengan sangkaan telah memfitnah Menag Yaqut.

Baca Juga: Megawati dan SBY Disebut Presiden yang Taat Jalankan Estafet Konstitusi, Simak Penjelasannya!

Di sisi lain, aktivis Nahdlatul Ulama (NU), Guntur Romli juga buka suara mengenai polemik perbandingan adzan dengan gonggongan anjing tersebut.

Guntur Romli menegaskan bahwa yang membandingkan adzan dengan gonggongan anjing itu bukan Menag Yaqut, melainkan Roy Suryo.

"Jadi yg membandingkan azan dengan gonggongan anjing itu bukan Menteri Agama Gus Yaqut tapi Roy Suryo, paham ya jamaah," dalam cuitan akun Twitter miliknya @GunRomli sembari menampilkan video dari KH Ahmad Fatih Syuhud.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x