Bukan Hanya di Piala Dunia, Atlet Rusia Lainnya Bisa Kena Imbas Akibat Invasi Rusia ke Ukraina

- 1 Maret 2022, 09:46 WIB
Ilustrasi atlet Rusia bisa kena dampak karena invasi ke Ukraina.
Ilustrasi atlet Rusia bisa kena dampak karena invasi ke Ukraina. /Pixabay/Igorn

GALAMEDIA - Invansi Rusia ke Ukraina bisa berdampak pada para atlet Rusia. Dimana IOC atau Komite Olimpiade Internasional telah mendesak federasi dan penyelenggara olahraga untuk mengecualikan atlet dan pejabat Rusia dan Belarusia dari acara internasional.

IOC juga mencabut Olympic Order, penghargaan tertingginya, dari semua pejabat tinggi Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, 28 Februari 2022, IOC mengatakan dewan eksekutifnya merekomendasikan agar Federasi Olahraga Internasional dan penyelenggara acara olahraga tidak mengundang atau mengizinkan partisipasi atlet dan pejabat Rusia dan Belarusia dalam kompetisi internasional.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 1 Maret 2022: KARMA! Nino Diusir Reyna karena Sudah Membuangnya ke Panti Asuhan

IOC juga meminta pejabat olahraga untuk melakukan “segala daya mereka” untuk mencegah atlet dari kedua negara mengambil bagian atas nama Rusia atau Belarusia.

Komite Olimpiade Rusia dengan tegas tidak setuju dengan IOC, dengan mengatakan keputusan itu bertentangan dengan dokumen peraturan IOC dan Piagam (Olimpiade).

“Sebagai langkah pertama, kami menganggap perlu untuk mengirim permintaan ke federasi internasional untuk tanggapan resmi tentang status atlet Rusia dan hak mereka untuk berpartisipasi dalam kompetisi internasional karena fakta bahwa ... federasi yang memiliki wewenang untuk mengakui atlet ke kompetisi internasional di cabang olahraga masing-masing,” kata ROC dalam sebuah pernyataan seperti dilansirkan Al Jazeera.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 1 Maret 2022: KARMA! Nino Diusir Reyna karena Sudah Membuangnya ke Panti Asuhan

“Untuk bagiannya, Komite Olimpiade Rusia bermaksud untuk secara konsisten menjunjung tinggi hak dan kepentingan atlet Rusia dan memberikan semua bantuan yang diperlukan kepada federasi nasional kami untuk menentang keputusan diskriminatif dari federasi internasional yang relevan.”

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x