Flyover Pasupati Berganti Nama Jadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja, Emil : Berjasa Bagi Indonesia

- 1 Maret 2022, 17:07 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil /Biro Adpim Jabar

 

GALAMEDIA - Salah satu flyover iconic di Kota Bandung, Flyover Pasupati berganti nama menjadi Jalan Layang Prof Mochtar Kusumaatmaja. Penggantian nama tersebut, diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Jadi hari ini secara resmi jalan layang pasteur surapati diganti dan diberi nama jalan layang prof mochtar kusumaatmadja," ungkap Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Halaman Kantor Inspektorat Provinsi Jawa Barat, Jln. Surapati, Kota Bandung, Selasa, 1 Maret 2022.

Menurutnya pemberian nama Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja pada jalan yang menghubungkan wilayah Barat dan Timur Kota Bandung tersebut, untuk menghormati jasa almarhum semasa hidup memiliki peran penting bagi bangsa Indonesia.

Dikatakannya Prof Mochtar Kusumaatmadja memperjuangkan perluasan teritorial Indonesia meningkat sampai 2,5 kali lipat.

Baca Juga: Shin Ha Ri Ketahuan Menipu oleh Kang Tae Mu, Berikut Sinopsis A Business Proposal Episode 2 yang Tayang Malam

"Karena dulu zaman belanda, perhitungannya itu hanya 3 mil dari pantai. Sehingga kalau jarak antarpulau jauh, tengahnya jadi milik internasional. Itulah yang membuat kapal-kapal asing bisa seliweran di wilayah nusantara kita," terangnya.

Emil menerangkan bahwa peresmian Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja ini adalah bagian dari prasyarat dalam pengusulan Prof Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan Nasional dari Jawa Barat. Dimana setidaknya ada bangunan monumental yang dinamai sosok yang diusulkan sebagai pahlawan nasional itu.

"Setelah diresmikan ini menjadi dasar persyaratan lengkap untuk mengajukan Prof Mochtar Kusumaatmadja menjadi pahlawan nasional. Karena sudah lama tokoh-toloh di Jawa Barat belum mendapatkan pengakuan pahlawan nasional," jelasnya.

Baca Juga: Spoiler Aku Bukan Wanita Pilihan 1 Maret 2022: Sakit Hati Lihat Tiara dan Radit, Rangga Bongkar Rahasia Ini

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x