PBB Menuduh Tentara Myanmar Melakukan Kejahatan Perang terhadap Kemanusiaan

- 17 Maret 2022, 11:03 WIB
PBB Menuduh Tentara Myanmar Melakukan Kejahatan Perang Terhadap Kemanusiaan//Reuters
PBB Menuduh Tentara Myanmar Melakukan Kejahatan Perang Terhadap Kemanusiaan//Reuters /

GALAMEDIA - Sejak kudeta Myanmar tahun lalu, PBB mengatakan bahwa tentara Myanmar telah menunjukkan pengabaian yang mencolok terhadap kehidupan manusia.

Dilansir dari Aljazeera, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet mengatakan pada hari Selasa, 16 Maret 2022 bahwa pasukan keamanan Myanmar telah menunjukkan perbuatan yang terhadap kehidupan manusia.

Termasuk di antaranya menggunakan serangan udara dan senjata berat di daerah berpenduduk dan dengan sengaja menargetkan warga sipil.

Baca Juga: Viral Video Lawas Aura Kasih Diduga Body Shaming ke Nagita Slavina, Netizen Langsung Geram

Banyak korban ditembak di kepala, dibakar sampai mati, ditangkap secara sewenang-wenang, disiksa, atau digunakan sebagai tameng manusia, katanya dalam sebuah pernyataan di laporan itu, yang mendesak “tindakan berarti” oleh masyarakat internasional.

“Luasnya luas dan skala pelanggaran hukum internasional yang mengerikan yang diderita oleh rakyat Myanmar menuntut tanggapan internasional yang tegas, terpadu, dan tegas,” kata Bachelet.

Militer telah mengatakan bahwa mereka memiliki tugas untuk memastikan perdamaian dan keamanan. Mereka membantah telah terjadi kekejaman dan menyalahkan "teroris" karena menyebabkan kerusuhan.

Baca Juga: LINK DOWNLOAD GRATIS Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 Hijriah, LENGKAP dari Seluruh Provinsi di Indonesia

Militer Myanmar merebut kekuasaan pada 1 Februari tahun lalu, menggulingkan pemerintah sipil dan menangkap pemimpin de factonya, Aung San Suu Kyi. Sejak itu junta melancarkan tindakan keras berdarah terhadap perbedaan pendapat.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x