Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Longsor di Rongga

- 19 April 2022, 18:39 WIB
Tim SAR gabungan secara resmi menghentikan pencarian korban bencana tanah longsor Erpan Mustopa (8) warga Kampung Cilengkong, RT 01/RW 17, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, KBB.
Tim SAR gabungan secara resmi menghentikan pencarian korban bencana tanah longsor Erpan Mustopa (8) warga Kampung Cilengkong, RT 01/RW 17, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, KBB. /Dokumen BPBD KBB/

GALAMEDIA - Tim SAR gabungan secara resmi menghentikan pencarian korban
bencana tanah longsor Erpan Mustopa (8) warga Kampung Cilengkong, RT 01/RW 17, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, semua titik yang perkirakan keberadaan korban sudah dicari baik dengan cara manual, menggunakan alcon (pompa penyemprot air) dan juga dibantu dengan menggunakan 3 ekor anjing pelacak dari polres Cimahi dan K9 Bandung.

Pencarian juga dengan menyusuri aliran 
Sungai Cilengkong sejauh 5 kilometer, namun sampai hari kelima tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Baca Juga: 14,9 Juta Pemudik ke Jabar, Ridwan Kamil : Jawa Barat Status Siaga

"Atas dasar tersebut, kegiatan pencarian oleh Tim SAR gabungan dihentikan.
Namun kami mempersilahkan warga masyarakat yang masih akan melakukan pencarian dan kami tetap memonitor dalam dua hari ini," kata Duddy kepada Galamedia, Selasa 19 April 2022.

Menurutnya, keluarga korban dalam hal ini kakek dan paman korban dan juga kedua orangtuanya sudah mengikhlaskan atas musibah yang terjadi.

Sementara itu, pencarian pada hari kelima difokuskan pada titik dimana tercium bau bangkai. Pihak keluarga dan warga penasaran, mencurigai bau bangkai itu dai jenazah Erpan.

Baca Juga: Kepedulian di Bulan Ramadhan, PSI Berbagi Takjil Kepada Warga

Petugas lapangan BPBD KBB Rudi Wibiksana mengatakan, untuk menjawab penasaran warga Tim SAR gabungan yang berjumlah sekitar 50 orang melakukan penggalian.

"Kemarin sore ada warga yang mencium bau bangkai tak jauh dari korban diduga terseret longsor. Tadi pagi kami langsung melakukan penggalian," kata Rudi.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah