Ngatiyana Lepas 20 Peserta Pelatihan yang Hendak Magang ke Jepang

- 10 Juni 2022, 19:38 WIB
Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana melepas peserta pelatihan yang akan magang di Jepang. Pelepasan berlangsung di Ruang Rapat Wali Kota yang ada di Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Jumat (10/6).
Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana melepas peserta pelatihan yang akan magang di Jepang. Pelepasan berlangsung di Ruang Rapat Wali Kota yang ada di Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Jumat (10/6). /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/
GALAMEDIA - Sebanyak 20 orang peserta pelatihan Bahasa Jepang bertolak ke Jepang untuk mengikuti magang di sejumlah perusahaan di negeri sakura tersebut.
 
Sebelum berangkat, mereka dilepas oleh Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi Yanuar Taufik di Ruang Rapat Wali Kota yang ada di Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Jumat  10 Juni 2022.
 
Pada pelepasan tersebut hanya diikuti 13 orang, sisanya sudah berangkat sebelumnya.
 
 
"Kita akan melepas beberapa anak-anak kita yang telah mengikuti latihan bahasa jepang. Alhamdilillah dari Disnaker bekerjasama dengan LPK Cimahi Media Internusa melaksanakan pelatihan bahasa jepang, lalu diberangkatkan kesana. Insya Allah kita berkolaborasi untuk mencarikan pekerjaan bagi anak-anak kita," ujar Ngatiyana.
 
Selain di luar negeri, kata Ngatiyana, pihaknya juga sudah memperkerjakan ratusan orang untuk bekerja di perusahan dalam negeri.
 
"Alhamdulillah di dalam negeri juga kita sudah mempekerjakan sekitar 193 orang, yang sudah bekerja di salah satu perusahaan. Dan sebentar lagi kita juga akan melaksanskan pelatihan lagi untuk sekitar 300 orang yg akan dipekerjakan di perusahaan di dalam negeri khusunya di Kota Cimahi," ungkapnya.
 
 
"Hari ini kita melepas 13 orang ke Hepang. Dan sebagian sudah berangkat. Kurang lebih 20 orang dari Cimahi untuk berangkat ke Jepang. Mohon doa restunya kepada warga cimahi, mudah-mudahan Pemkot Cimahi dalam hal ini Disnaker Cimahi akan tetap bekerja keras untuk mencarikan anak-anak kita kerja, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri," ujar Ngatiyana menambahkan.
 
Ia pun berharap dengan adanya pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi bagi masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerjanya menjadi lebih besar.
 
"Pemkor Cimahi melalui Disnaker pada tahun 2021 melakukan inovasi baru dengan mengadakan pelatihan bahasa jepang, untuk mempersiapkan calon tenaga kerja yang siap bekerja di luar negeri, khususnya jepang," katanya.
 
 
Kepala Disnaker Kota Cimahi, Yanuar Taufik menambahkan, peserta magang ini sebelumnya mengikuti pelatihan bahasa jepang selama 4 bulan.
 
"Setelah mengikuti pelatihan, mereka akan magang disana (Jepang) selama 1 hingga 3 tahun. Nah ujian level-level berikutnya bisa disana, jadi kesempatan lebih luas sehingga akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di Jepang," terangnya.
 
Para peserta ini akan magang dengan beragam bidang. "Ada yang di las robotik, pertanian, dan ada yang jadi perawat. Mereka ini adalah peserta pelatihan yang kami adakan di tahun 2021," sebut Yanwar.***
 

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x