Tujuh Ekor Owa Jawa Dilepasliarkan Kawasan Hutan Lindung Malabar dan Sekitar

- 8 Juli 2022, 19:02 WIB
Tim Pertamina dan Yayasan Owa Jawa serta pihak terkait usai melepasliarkan Owa Jawa di Malabar.
Tim Pertamina dan Yayasan Owa Jawa serta pihak terkait usai melepasliarkan Owa Jawa di Malabar. /

GALAMEDIA - Pertamina EP (PEP) Subang Field lepasliarkan 7 ekor Owa Jawa di Hutan Lindung Malabar, Gunung Puntang.

Tujuh ekor Owa Jawa dilepasliarkan oleh Pertamina EP (PEP) Field Subang di kawasan Hutan Lindung Malabar dan sekitar. Kegiatan ini merupakan yang kedelapan sejak tahun 2013 sehingga jumlahnya telah 37 ekor.

Pelepasliaran ketujuh individu Owa Jawa ini pun sebelumnya hasil pengamatan tim Yayasan Owa Jawa mengacu aktivitas harian Owa Jawa. Termasuk upaya pelestarian flora dan fauna yang terancam punah yang terangkum pada program Melintang, PEP Subang Field.

Ketua Yayasan Owa Jawa, Noviar Andayani yang dihubungi Jumat, 8 Juli 2022, menyatakan apresiasinya terhadap dukungan semua pihak dalam upaya konservasi Owa Jawa.

“Diperlukan komitmen multi pihak untuk mewujudkan keberhasilan konservasi Owa Jaw"katanya. Sebagaimana yang selama ini dilakukan penggiat konservasi Owa Jawa dengan pemerintah, LSM, sektor bisnis, dan masyarakat.

Baca Juga: SEGERA BERLANGSUNG LINK NONTON LIVE STREAMING Indonesia vs Filipina Piala AFF U-19 Kick-Off Pukul 20.00 WIB

Head of Comrel & CID Pertamina Zona 7 Regional Jawa, Wazirul Luthfi yang hadir menyatakan kebahagiaan dan apresiasinya sehingga Pertamina EP dapat menjalankan komitmen untuk terus memberikan perhatian terhadap konservasi lingkungan dan satwa.

”Hingga kini Owa Jawa masih menjadi salah satu satwa prioritas yang menjadi sasaran untuk ditingkatkan populasinya. Oleh karenanya diperlukan kemitraan dan komitmen multi pihak dalam upaya konservasi Owa Jawa. Penyelamatan dan rehabilitasi terhadap Owa Jawa eks peliharaan masyarakat maupun Owa jawa sitaan pihak berwenang dilaksanakan oleh Javan Gibbon Center dibawah pengelolaan Yayasan Owa Jawa dan bekerjasama dengan TNGGP, BKSDA Jawa Barat, Yayasan Konservasi Indonesia, Universitas Indonesia dan Silvery Gibbon Project," ujarnya.

Menurut Amru Ikhwansyah selaku kepala seksi PTN Wilayah V Balai Besar TNGGP mengatakan semoga 3 pasang Owa Jawa (7 ekor) mendapatkan rumah baru.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah