Inilah yang Harus Hindari, Warga Binaan Lapas Sumedang

- 26 Juli 2022, 12:21 WIB
Warga binaan Lapas Kelas IIB Sumedang antusias mengikuti VCT yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten, Selasa 26 Juli 2022./Ade Hadeli
Warga binaan Lapas Kelas IIB Sumedang antusias mengikuti VCT yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten, Selasa 26 Juli 2022./Ade Hadeli /

GALAMEDIANEWS - Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sumedang, diminta untuk menghindari dan mewaspadai penyakit menular sek (PMS), seperti HIV/Aids dan sejenisnya, termasuk penyakit menular lainnya seperti TBC.

Sehubungan dengan itu, dengan menggandeng Puskesmas Sumedang Selatan dan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, secara rutin Lapas Sumedang melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi tentang penyebab, bahaya dan cara menghindari penyakit tersebut.

"Hari ini, bersamaan dengan Peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke 77, kami menghadirkan nara sumber dari Puskesmas Sumedang Selatan dan pihak Dinas Kesehatan KabupatenSumedang, melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan tentang penyebab serta penularan HIV dan TBC bagi warga binaan," kata Kepala Lapas IIB Sumedang Imam Sapto Riadi, Selasa 26 Juli 2022.

Baca Juga: Orangtua Wajib Tahu, 7 Kiat Aman Bonceng Anak Naik Motor

Kegiatan ini, tentunya sangat penting, mengingat warga binaan cukup rentan terjangkit penyakit tersebut.

Melalui kegiatan tersebut, hal yang harus dipahami warga binaan agar terhindar dari HIV/Aids. Misalnya tidak sekali-kali menggunakan jarum suntik bersamaan (penasun) dan melakukan sek bebas.

Demikian pula mereka harus mengetahui penyebaran penyakit TBC. Dimana salah satu penularan yakni melalui batuk dan percikan ludah.

"Untuk itu, dalam rangkaian Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Ke 77, kegiatan penyuluhan hari ini, dilanjutkan dengan tes HIV atau biasa disebut VCT (Voluntary Counseling and Testing) serta pemeriksaan dahak untuk menditeksi penyakit TBC bagi seluruh warga binaan," katanya.

Baca Juga: Kurang dari 24 Jam, Pelaku Pembunuh Remaja Diciduk Saat Coba Melarikan Diri

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x