Temui Anak-anak Tanpa Bermasker, Ketua KPK Diadukan Melanggar Etik

- 22 Juni 2020, 09:58 WIB
Ketua KPK, Firli Bahuri saat menemui warga tanpa menggunakan masker, saat berkunjung ke Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Sabtu 20 Juni 2020. (Antara)
Ketua KPK, Firli Bahuri saat menemui warga tanpa menggunakan masker, saat berkunjung ke Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Sabtu 20 Juni 2020. (Antara) /

GALAMEDIA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri kedapatan tak memakai masker saat menemui warga, khususnya anak-anak. Pemandangan itu terjadi saat Firli mengunjungi Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Sabtu (20/6/2020).

Pria berlatar belakang polisi itu dianggap melanggar etik yaitu tidak mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19. Apa yang dilakukan Firli memancing reaksi Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) yang akhirnya membuat aduan ke Dewan Pengawas KPK.

Baca Juga: Kembali Menyapa Publik, Senyum Putri Charlotte Semakin Mirip Diana

"Bahwa dalam suatu kesempatan Firli bertemu atau berjumpa dengan puluhan anak namun Firli tidak memakai masker dan berdekatan jaraknya dengan anak-anak tersebut sehingga melanggar protokol Covid-19," terang Koordinator MAKI, Boyamin Saiman dalam Keterangannya, Senin 22 Juni 2020.

Boyamin mengatakan, sebelum melakukan pertemuan atau menyapa, Firli seharusnya memastikan dirinya dan anak-anak yang akan ditemui telah memakai masker.

Menurut dia, Firli seharusnya memahami bahwa anak-anak masih rentan dalam penularan Covid-19, karena mereka belum memiliki imunitas yang kuat.

Baca Juga: Gitar Kurt Cobain yang Digunakan Saat MTV Unplugged Laku Rp85 Miliar

Di samping itu, Firli juga telah berumur lebih dari 50 tahun, sehingga kekebalan tubuhnya juga mulai menurun.

"Sehingga kedua pihak sama-sama rentan saling menularkan Covid-19," tuturnya seperti dikutip dari Antara.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x