Hasil Survei Pilkada Solo, Elektabilitas Gibran Melonjak 307 Persen

- 23 Juni 2020, 20:48 WIB
 Peneliti utama lembaga survei
Peneliti utama lembaga survei /Tok Suwarto/

GALAMEDIA - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk memilih pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2021-2026 yang akan digelar Desember 2020.

Lembaga survei "Solo Raya Polling" mengumumkan hasil survei terhadap para bakal calon (Balon) pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, di antaranya yang namanya telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo.

Hasil survei Pilkada Kota Solo dari "Solo Raya Polling" yang diumumkan di depan wartawan, Selasa 23 Juni 2020 tersebut, merupakan yang kedua setelah Juni 2019 lalu lembaga yang sama  mengumumkan hasil survei.

Saat itu muncul nama Gibran Rakabuming Raka sebagai salah seorang yang memiliki elektabilitas.

Baca Juga: Sejumlah Proyek Infrastruktur Terpaksa Dibatalkan dan Terbengkalai

Berdasarkan hasil survei kedua antara Januari-Juni 2020, disebutkan angka elektabilitas Balon Wali Kota Solo yang merupakan putera sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan signifikan.

Dr. Suwardi, peneliti utama lembaga survei "Solo Raya Polling" yang merupakan dosen program pascasarjana Universitas Slamet Riyadi (Unisri), mengungkapkan nama-nama Balon Wali Kota Solo yang disurvei.

Mereka yaitu, Achmad Purnomo yang kini Wakil Wali Kota Solo, Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo, anggota DPRD Teguh Prakosa, Gibran Rakabuming Raka dan Balon independen Bagyo Wahyono.

Di antara nama-nama tersebut, pada kurun waktu Januari-Juni 2020 angka elektabilitas Gibran mengalami peningkatan sampai sebesar 307 persen. Sedangkan elektabilitas rival terdekatnya, Achmad Purnomo selama 6 bulan itu hanya naik 8,6 persen.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X