HATI-HATI! Gunung Api Semeru Kembali Erupsi, Gempa Letusan 13 Kali, Naik ke LEVEL IV atau AWAS

- 4 Desember 2022, 16:01 WIB
HATI-HATI! Gunung Api Semeru kembali erupsi, naik ke Level IV Awas, terjadi gempa letusan sebanyak 13, masyarakat diharap waspada.
HATI-HATI! Gunung Api Semeru kembali erupsi, naik ke Level IV Awas, terjadi gempa letusan sebanyak 13, masyarakat diharap waspada. /Magma ESDM/

GALAMEDIANEWS – Gunung Api Semeru kembali erupsi, terjadi gempa letusan sebanyak 13 kali dan kini naik dari yang sebelumnya Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas), mulai hari ini, 4 Desember 2022.

Oleh karena itu, masyarakat di sekitar Gunung Api Semeru diharapkan untuk selalu waspada dan hati-hati dalam menjaga jarak.

Gunung Api Semeru yang kini berada di Level IV Awas terletak di dua kabupaten, yakni Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Pemantauan secara visual terhadap Gunung Api Semeru dilakukan dari 2 Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) yakni di Desa Sumber Wuluh, Kec. Candipuro – Lumajang, serta Desa Agrosuko, Kec. Ampelgading – Malang.

Baca Juga: Jadwal Perancis vs Polandia di Piala Dunia 2022 Malam Ini, Mbappe Kalahkan Szczęsny Bulan Lalu

Sejak 12 Desember 2021, berdasarkan pemantauan di dua pos PGA tersebut, gunung api ini berada di level III Siaga.

Namun berdasarkan analisis pemantau secara visual dan kegempaan, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari Gunung Api Semeru, sehingga dinaikkan ke Level IV Awas mulai hari ini, 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.

Berikut adalah hasil pemantauan terhadap gunung api yang kembali erupsi ini:

1. Pada tanggal 4 Desember 2022, erupsi yang disertai awan panas guguran masih berlangsung terus menerus dengan tinggi kolom erupsi yang tidak teramati.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Magma ESDM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x