Gunung Tangkuban Perahu Muntahkan Asap Putih! PVMBG Singgung Soal Potensi ERUPSI Besar, Ini Penjelasannya

- 13 Februari 2022, 10:35 WIB
Terjadi perubahan aktivitas di Gunung Tangkuban Perahu hingga wisatwan dan warga sekitar diminta waspada.
Terjadi perubahan aktivitas di Gunung Tangkuban Perahu hingga wisatwan dan warga sekitar diminta waspada. /Foto: Twiter @PVMBG_///

GALAMEDIA - Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat baru saja mengalami perubahan di Kawah Ecoma.

Berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada 12 Februari 2022 adanya hembusan asap atau gas dengan intensitas kuat.

Melansir laman resmi Badan Geologi vsi.esdm.go.id, hembusan gas tersebut berwarna putih dengan tekanan sedang dan tinggi sekitar 100 m dari dasar kawah.

Adapun dugaan hembusan gas tersebut terjadi karena adanya air bawah permukaan atau air yang meresap ke bawah permukaan, yang terpanaskan oleh batuan panas di bagian dangkal dibawah permukaan kawah dan membentuk akumulasi uap air (steam) bertekanan tinggi, sehingga terjadi "over pressure" dan keluar melalui rekahan sebagai zona lemah, berupa hembusan yang cukup kuat.

Baca Juga: Benarkah Campuran Daun Pepaya dan Jahe Dapat Sembuhkan Omicron? Simak Faktanya

Berdasarkan pengamatan Badan Geologi, hembusan berwarna putih mengindikasikan di dominasi oleh uap air.

Dinamika aktivitas vulkanik di dekat permukaan seperti ini dapat terjadi karena adanya perubahan kesetimbangan energi yang berasal faktor internal maupun eksternal.

Adapun faktor internal berasal dari tekanan uap magma yang naik dari kedalaman. Sedangkan faktor eksternal dapat berasal dari curah hujan dan tingkat evaporasi/penguapan.

Baca Juga: WOW Saingi Nagita Slavina, Fuji Koleksi Bando Branded di Atas Rp 4 Juta

Halaman:

Editor: Annisa Nur Fadillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x