BREAKING NEWS! Gunung Tangkuban Perahu Muntahkan Gas Putih dari Kawah Ecoma, Masyarakat Diimbau Lakukan Ini

- 13 Februari 2022, 09:57 WIB
Terjadi perubahan aktivitas di Gunung Tangkuban Perahu hingga wisatwan dan warga sekitar diminta waspada.
Terjadi perubahan aktivitas di Gunung Tangkuban Perahu hingga wisatwan dan warga sekitar diminta waspada. /Foto: Twiter @PVMBG_///

GALAMEDIA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi baru saja merilis aktivitas terkini gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat.

Dilansir Galamedia dari laman resmi Badan Geologi vsi.esdm.go.id, adanya peningkatan intensitas Gunungapi Tangkuban parahu berupa hembusan gas kuat dari Kawah Ecoma yang berada di dalam Kawah Ratu yang terpantau pada 12 Februari 2022.

Hembusan gas tersebut berwarna putih dengan tekanan sedang dan tinggi sekitar 100 m dari dasar kawah.

Baca Juga: Mengenal Sosok Erwin Ramdani Penyumbang Gol Kemenangan Bagi Persib Bandung

Adapun dugaan hembusan gas tersebut terjadi karena adanya air bawah permukaan atau air yang meresap ke bawah permukaan, yang terpanaskan oleh batuan panas di bagian dangkal dibawah permukaan kawah dan membentuk akumulasi uap air (steam) bertekanan tinggi, sehingga terjadi "over pressure" dan keluar melalui rekahan sebagai zona lemah, berupa hembusan yang cukup kuat.

Berdasarkan pengamatan Badan Geologi, hembusan berwarna putih mengindikasikan di dominasi oleh uap air.

Dinamika aktivitas vulkanik di dekat permukaan seperti ini dapat terjadi karena adanya perubahan kesetimbangan energi yang berasal faktor internal maupun eksternal.

Baca Juga: Terperosok ke Pinggir Sawah Saat Belajar Nyetir, Perempuan Ini Malah Santai Berfoto di Samping Mobilny

Adapun faktor internal berasal dari tekanan uap magma yang naik dari kedalaman. Sedangkan faktor eksternal dapat berasal dari curah hujan dan tingkat evaporasi/penguapan.

Halaman:

Editor: Annisa Nur Fadillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x