7 Kecamatan di Kota Bandung Bebas Kasus Positif Covid-19 Aktif

- 15 Juli 2020, 12:21 WIB
Ilustrasi. (freepik)
Ilustrasi. (freepik) /


GALAMEDIA - Berdasarkan data Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung, ada tujuh kecamatan di Kota Bandung yang bebas kasus positif Covid-19 aktif. Di Kota Bandung hingga kini jumlah kasus positif aktif terus menurun.

Per tanggal 14 Juli 2020, ada sebanyak 50 kasus positif aktif. Turun sembilan kasus dibandingkan hari sebelumnya.

"Betul, yang dimaksud bukan bebas dari COVID-19, melainkan tidak ada kasus positif aktif," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara di Bandung, Rabu, 15 Juli 2020.

Baca Juga: Pastikan Sehat dan Layak, 100 Petugas Bakal Sisir Hewan Kurban di Kota Bandung

Tujuh kecamatan itu, yakni Kecamatan Ujung Berung, Kecamatan Bandung Kidul, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kecamatan Bandung Wetan, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Sukasari, dan Kecamatan Cidadap.

Sementara itu, di Kecamatan Ujung Berung totalnya ada sembilan kasus positif, namun kesembilan orang itu sudah dinyatakan sembuh. Kemudian di Kecamatan Bandung Kidul, dari total enam kasus, lima di antaranya dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia akibat COVID-19.

Lalu di Kecamatan Bojongloa Kidul tidak ada kasus positif aktif karena enam orang sudah dinyatakan sembuh dan dua orang dinyatakan meninggal dunia. Kecamatan Bandung Wetan, semua orang yang pernah positif COVID-19 sebanyak enam orang sudah dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Usai Jalani Tes Covid-19, 250 WNI Dipulangkan dari China

Sama dengan Kecamatan Bandung Wetan, di Kecamatan Sukajadi pun seluruh orang yang dinyatakan positif sebanyak 11 orang, sudah dinyatakan sembuh tanpa adanya kasus kematian.

Untuk di Kecamatan Sukasari pun demikian, empat orang yang dinyatakan positif COVID-19, sudah dinyatakan sembuh. Dan di Kecamatan Cidadap juga seluruh orang yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak delapan orang, sudah dinyatakan sembuh.

Di Kecamatan Rancasari yang dinyatakan bebas kasus positif aktif pertama di Kota Bandung sejak masa pandemi, kini ada penambahan tiga kasus positif. Sedangkan pada 3 Juli 2020, sempat tidak ada kasus aktif di kecamatan itu.

Baca Juga: Status Istimewa Hongkong Dihentikan Donald Trump

"Data dinamis sesuai pelacakan, itulah sebabnya kewaspadaan harus terus dijaga," kata Ahyani seperti dilansirkan Antara.

Sementara itu meskipun terus menurun, ia  mengingatkan masyarakat agar tetap berwaspada di fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini karena terdapat mobilitas masyarakat dari berbagai wilayah yang diduga masih ada transmisi penyebaran COVID-19.

"Level kewaspadaan diperlukan agar wilayah paham situasi, karena ada mobilitas masyarakat dari berbagai level," demikian Ahyani.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x