Warga Lembang Kirimi Sayuran dan Buah, Kawanan Monyet Kerap Kuasai Jalan Hingga Terlindas Kendaraan

- 16 Juli 2020, 20:14 WIB
Monyet terkapar di jalan. (Dicky Mawardi/Galamedia)
Monyet terkapar di jalan. (Dicky Mawardi/Galamedia) /

GALAMEDIA - Warga Kampung Andir RW 03, Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat berupaya mencegah kawanan monyet ekor panjang yang masuk ke permukiman dengan memberikan sisa sayuran dan buah-buahan di sekitar habitat aslinya, kawasan hutan Cadas Gantung.

 Jika tidak diberi makanan maka kawanan monyet tersebut akan berada di sekitar permukiman.

"Inisiatif RW setempat, setiap hari memberi makanan berupa sisa sayuran dan buah-buahan dari Pasar Panorama. Sebab, jika dibiarkan monyet-monyet yang diduga kelaparan tersebut terkadang menjarah makanan milik warga," kata Kepala Desa Gudangkahuripan Agus Karyana di Lembang, Kamis (16/7/2020).

Baca Juga: Gojek dan Grab di Bandung Sudah Boleh Angkut Penumpang? Layanan di Aplikasi Bisa Dibuka

Diceritakannya, turun gunungnya kawanan monyet ekor panjang dari Cadas Gunung menjadi kejadian yang langka. Diduga karena di sekitar habitatnya terjadi alih fungsi lahan, menyebabkan sumber makanannya terus menyusut.

"Saya lahir dan besar di Gudangkahuripan, tapi rasa-rasanya baru kali ini monyet masuk permukiman penduduk. Karena tak pernah terjadi itu pula yang membuat warga terkejut. Awalnya mereka senang-senang saja, sampai memberi makan segala. Tapi lama-lama membikin repot juga, sampai akhirnya jika tidak ada yang memberi makanan kawanan monyet ini kerap menjarah," ujarnya.

Walaupun habitatnya semakin terdesak, namun Agus memperkirakan populasinya terus bertambah. Diperkirakan saat ini, jumlah monyet ekor panjang yang mendiami Cadas Gantung sekitar 100 ekor.

Baca Juga: China-AS Kian Memanas, Kementerian Luar Negeri Tantang Mike Pompeo Kunjungi Wilayahnya

"Itu belum termasuk anak monyetnya. Biasanya, setiap kali masuk ke permukiman induk-induknya datang sambil menggendong anaknya. Kemungkinan besar populasi terus bertambah sementara habitat mereka semakin terdesak oleh pembangunan, sehingga kawanan monyet ekor panjang masuk permukiman warga," tuturnya.

Kawanan ini juga kerap berada di jalan raya sehingga mengganggu pengguna jalan. Pernah kejadian seorang pengendara motor terjatuh akibat menghindari monyet yang sedang melintas di tengah jalan.

Baca Juga: Dorong MPR RI Gelar Sidang Istimewa, Habib Rizieq Tuntut Presiden Jokowi Mengundurkan Diri

"Pengendara motor ini mengalami luka di kakinya. Pernah juga kejadian, seekor monyet mati terlindas kendaraan. Memang risiko monyet turun ke jalan, tidak hanya mengancam jiwa monyet itu sendiri tapi juga orang yang berkendaraan," tukasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x