Siapkan Diri Anda, Kartu Prakerja Akan Hadir dengan Skema Baru Tahun 2023

- 2 Januari 2023, 14:48 WIB
Kartu Prakerja Akan Hadir dengan Skema Baru Tahun 20223. / Instagram Prakerja
Kartu Prakerja Akan Hadir dengan Skema Baru Tahun 20223. / Instagram Prakerja /



GALAMEDIA NEWS - Kartu Prakerja adalah Suatu program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukkan untuk para pencari kerja, Pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Tujuan Kartu Prakerja :

Tujuan dari adanya Kartu Prakerja yaitu untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Kartu Prakerja adalah suatu program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja, jadi bukan menggaji pengangguran, tetapi mereka bisa mendapatkan skill dan pengembangan kemampuan diri.

Baca Juga: JADWAL INDONESIA vs Filipina Piala AFF 2022 Jam Berapa, Disiarkan di TV Mana?

Bagi kamu WNI yang berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang bersekolah atau kuliah, bisa memanfaatkan kartu prakerja ini. Namun, Prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda agar memiliki skill dan kompetensi kerja kedepannya sebagai modal mereka.

Pemerintah Indonesia melanjutkan kembali program Kartu Prakerja pada Tahun 2023. Bahkan dikabarkan bahwa akan menambah besaran insentif yang dapat diterima  oleh pesertanya.

Pada Tahun 2023 ini, Program dari Kartu Prakerja akan lebih difokuskan pada peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja, yang dimana berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pasca pelatihannya dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

Menurut Menteri Koordinator Bidang perekonomian Airlangga Hartarto ini dalam keterangan tertulis, Selasa 4 oktober 2022 lalu, mengatakan “Program Kartu Prakerja akan lebih Fokus pada peningkatan Kompetensi angkatan kerjanya, sebagaimana konsep awal program yang dicanangkan sebelum Pandemi Covid-19”.

Pada Tahun 2023, pemerintah akan menyesuaikan besaran bantuan yang akan diterima peserta senilai Rp 4,2 JT per orang.

yang dimana rincian tersebut terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar 3,5 JT, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu yang akan diterima satu kali, dan 100 ribu sebagai insentif survei untuk dua kali pengisian survei.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Masjid Terapung AL JABBAR Bandung Ditutup Sementara, Hari Pertama Sampah di Danau 1.9 Ton

Program Kartu Prakerja akan diimplementasikan secara online, offline, maupun bauran  dan memungkinkan penerimanya mendapatkan bantuan sosial dari kementerian/lembaga lainnya.

Dalam update Instagram Prakerja terbaru Tahun 2023, Juga mengabarkan bahwa program Kartu Prakerja akan hadir dengan Skema yang baru dan berfokus pada peningkatan kompetensi kerja.

“Babak pertama telah dilalui. Babak baru akan dimulai. Optimis Skilling, Reskilling, Upskilling untuk Indonesia Maju”. Ujar akun Instagram Prakerja.

Dalam Instagram Prakerja, Update an foto terbarunya yang bertuliskan :

Selamat Tahun Baru 2023

Kartu Prakerja siap hadir dengan skema baru, Fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja, Mengasah diri dan menimba ilmu untuk Indonesia Maju.

#Siap Dari Sekarang

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

Untuk Info lebih lanjut kalian juga bisa sambil melihat dan membukanya di Prakerja.go.id

Baca Juga: Wisata Rakyat Murah Meriah, Pasar Malam Kabupaten Bandung, Tiket Permainan Rp 10 Ribu per Wahana

Berikut Cara untuk bisa mendaftarkan diri dalam Kartu Prakerja :

1.   Persiapkanlah Kartu Tanda Penduduk (KTP),

2.   Anda bisa Login di Prakerja.go.id

3.  Isilah Nama Lengkap anda, Alamat E-mail aktif, dan Buatlah Kata Sandi

4. Segeralah melakukan aktivasi akun jika anda sudah mendapatkan pemberitahuan dari Kartu Prakerja.

5.  Masuklah lagi ke situs prakerja.go.id , masukan E-mail dan Kata Sandi yang baru dibuat.

6. Isilah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Sesuai dengan KTP dan Tanggal Lahir.

7.  Klik tombol berikutnya.

8.  Kemudian Isilah data diri, pada Form pengisian yang ada seperti Nama Lengkap, Alamat E-mail, Alamat Tempat Tinggal, Alamat Domisili, Pendidikan, Status Pekerjaan, dan Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP).

9. Isilah Nomor Telepon dan Kode OTP yang dikirim melalui SMS

10. Ikuti Tes Motivasi selama satu menit dan tunggu email masuk pemberitahuan.

11. Jika E-mail pemberitahuan sudah masuk, akses ulang di prakerja.go.id dan Klik tulisan gabung ke gelombang.

Baca Juga: IMLEK 2023 Tanggal Berapa? Apakah Masuk Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023?

Demikian informasi cara mendaftar di kartu prakerja, dan program Kartu Prakerja Tahun 2023 ini akan terus dikembangkan dan ditingkatkan, dengan adanya kartu prakerja ini diharapkan dapat bisa mengatasi kekurangan skill atau kompetensi kerja pada seseorang.

Tetap pantau terus prakerja.go.id dan tunggu sampai dibukannya pendaftaran Kartu Prakerja dengan Skema Baru Tahun 2023 Ini*** 

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Instagram Pikiran Rakyat prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x