Mengenal KUR Sebagai Program yang Membantu Masyarakat dan Bank Penyalurnya

- 7 Januari 2023, 09:09 WIB
Mengenal Kredit Usaha Rakyat, Bank penyalurannya, KUR 2023
Mengenal Kredit Usaha Rakyat, Bank penyalurannya, KUR 2023 /

GALAMEDIANEWS - Kredit Usaha Rakyat (KUR) yaitu sebuah program prioritas pemerintah dalam mendukung UMKM  berupa kebijakan, pemberian kredit, pembiayaan modal kerja, investasi kepada debitur atau perorang, badan usaha, kelompok usaha produktif dan layak.  

Apa Sih Tujuan KUR?

Program KUR dilaksanakan untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha yang produktif, meningkatkan kapasitas daya saing sebuah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dan mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat Indonesia dan penyerapan tenaga kerja.

Baca Juga: KUR BNI 2023 Bisa Berikan Kredit Maksimal Rp 500 Juta, Catat Persyaratan dan Cara Daftar di Sini

Berdasarkan dari peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 11 Tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan  Kredit Usaha Rakyat, penerima bantuan KUR ini terdiri dari UMKM, calon tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja keluar negeri, calon pekerja magang keluar negeri, anggota keluarga karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap di Indonesia, tenaga kerja Indonesia yang purna keluar negeri, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, kelompok usaha bersama, Gabungan Kelompok Tani dan Nelayan dan usaha lainnya.

Nah, disini UMKM memegang peranan penting sebagai salah satu sektor unggulan yang menopang perekonomian Indonesia.

Pelaku UMKM dan sebuah Koperasi mempunyai banyak peran dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat seperti para petani, nelayan, peternak, penambang, pengrajin, pedagang dan penyedia suatu jasa.

Seperti yang kita tahu pada tahun 2013 kontribusi sektor UMKM menjadi penyumbang PDB terbesar untuk Indonesia yaitu sebesar 60,34%  dan terus meningkat, penyerapan tenaga kerja sebesar 96,99%, total ekspor non migas sebesar 15,68%.

Sebuah UMKM juga mampu mengurangi ketimpangan atau kesenjangan sosial yang ada di Indonesia karena mempunyai ketahanan ekonomi yang kuat.

Pada tahun 2015-2019 pun melalui sebuah kegiatan peningkatan daya saing UMKM  dan Koperasi, sehingga diharapkan mampu maju lebih baik lagi maka diadakannya program UMKM Naik Kelas.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x