Survei Voxpopuli: Elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan Masuk Tiga Besar, Ridwan Kamil?

- 8 Januari 2023, 17:27 WIB
Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pangling tinggi.
Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pangling tinggi. /Dok. Humas Pemprov Jateng/

GALAMEDIANEWS - Elektabilitas Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih menempati posisi tiga teratas.

Hal ini merupakan hasil survei yang dilakukan Voxpopuli Research Center.

Temuan survei tersebut elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 23,8 persen diikuti Prabowo Subianto sebesar 20,2 persen dan Anies Baswedan meraih elektabilitas 18,7 persen.

Baca Juga: Intip Peluang Bisnis Wisata Rakyat Pasar Malam di Bandung, Bisa Dapat Jutaan Rupiah Per Malam, Tertarik?

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meraih elektabilitas 5,2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4,6 persen dan Sandiaga Uno 4,1 persen.

"Kilas balik setahun terakhir posisi tiga besar dalam bursa capres makin kokoh ditempati Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu 8 Januari 2023.

Menurut Achmad, tren kenaikan elektabilitas Ganjar Pranowo sudah terjadi sejak awal pandemi COVID-19 atau pada pertengahan 2020. Dimana ganjar Pranowo bersaing ketat dengan Prabowo yang masih digdaya setelah dua kali mengalami kekalahan pada perhelatan pilpres sebelumnya.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Partai Golkar Menurun, Koalisi Gerindra dan PKB Terancam Pecah

Hanya saja, nasib Ganjar tidak sebaik Prabowo yang relatif memegang kendali atas partai politik. Ganjar masih harus bersaing di internal PDIP. Sebab Puan Maharani diperkirakan juga akan bertarung dalam bursa Capres 2024.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x