Menanggulangi Korupsi jadi Tanggung Jawab Kita Bersama

- 5 Februari 2023, 12:42 WIB
 Ilustrasi: Korupsi, untuk menanggulanginya menjadi tanggung jawab kita bersama/Pixabay.com/Sajinka2
Ilustrasi: Korupsi, untuk menanggulanginya menjadi tanggung jawab kita bersama/Pixabay.com/Sajinka2 /

GALAMEDIANEWS - Korupsi merupakan masalah yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan dan merugikan masyarakat secara keseluruhan. Korupsi dapat memperlemah stabilitas sosial dan ekonomi negara, memperlambat pembangunan, dan memperparah kondisi hidup masyarakat. Oleh karena itu, menanggulangi korupsi adalah tanggung jawab bersama yang harus diterima oleh seluruh warga negara dan pemerintah.

Tanggung jawab warga negara dalam menanggulangi korupsi adalah memahami dan memperjuangkan nilai-nilai keadilan, transparansi, dan akuntabilitas. Warga negara juga harus berperan aktif sebagai pemantau dan pelapor tindakan korupsi yang terjadi di sekitarnya. Mereka juga harus memastikan bahwa mereka sendiri tidak terlibat dalam tindakan korupsi dan mempromosikan perilaku yang bersih dan bertanggung jawab.

Baca Juga: Bukan Perang, Bela Negara Masa kini Melalui Sikap Antikorupsi

Tanggung jawab pemerintah dalam menanggulangi korupsi adalah memastikan bahwa lembaga-lembaga pemerintah bekerja dengan transparan dan akuntabel, memastikan bahwa hukum dan sistem peradilan bekerja dengan efektif untuk memberantas korupsi, dan memfasilitasi partisipasi aktif warga negara dalam proses pemberantasan korupsi.

Menurut World Bank (2020), upaya untuk menanggulangi korupsi harus melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta. Kolaborasi antar pihak yang berbeda akan membantu memastikan bahwa upaya pemberantasan korupsi dilakukan secara efektif dan memperoleh hasil yang maksimal.

Sedangkan menurut United Nations Convention against Corruption (UNCAC), korupsi dapat dikurangi melalui tindakan preventif dan represif yang berkesinambungan. Tindakan preventif meliputi pencegahan tindakan korupsi melalui pengembangan sistem manajemen yang transparan dan akuntabel, peningkatan partisipasi masyarakat, dan peningkatan pendidikan dan sensitisasi terhadap korupsi. Tindakan represif meliputi penegakan hukum yang efektif terhadap pelaku korupsi dan upaya pemulihan aset yang diambil melalui tindakan korupsi.

Baca Juga: Menu Diet Murah Meriah, Cocok untuk Anak Kosan, Kalori Rendah tapi Tetap Kenyang, Bikin BB Cepat Turun

Sementara itu, menurut Transparency International (2020), tindakan preventif seperti peningkatan transparansi dan partisipasi masyarakat, serta tindakan represif seperti penegakan hukum yang efektif, adalah kunci untuk mengatasi masalah korupsi. Penegakan hukum yang efektif sangat penting dalam memberikan deterrent bagi pelaku korupsi dan memulihkan kerugian yang diakibatkan oleh tindakan korupsi.

Penanggulangan korupsi secara bersama menjadi penting karena korupsi memiliki dampak negatif yang luas dan merugikan bagi berbagai aspek kehidupan, seperti pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan hak asasi manusia. Oleh karena itu, mengatasi korupsi bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Buku Pintar Antikorupsi KPK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x